Metode demonstrasi berbantukan media asli untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar IPA SD materi siklus air

Heri Dermawan, Trisna Dwi Kasih

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penggunaan metode demonstrasi berbantukan media benda asli dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Jurang Mangu Timur 03 Tangerang Selatan pada pembelajaran materi siklus air. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk  melalui dua siklus, dengan 4 tahapan kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Validasi data mengunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Metode analisis  data  dalam  penelitian  ini  menggunakan  analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan  peningkatan partisipasi belajar siswa dari 21,74% atau 5 siswa  pada studi awal menjadi, 69,57% atau 17 siswa pada siklus I, meningkat menjadi 95,65% atau 22 siswa pada akhir siklus kedua, sedangkan peningkatan hasil belajar siswa, dimana nilai rata-rata hasil belajar secara klasikal terus mengalami peningkatan dari 57,83 pada studi awal menjadi 65,65 pada siklus pertama, dan pada akhir siklus kedua menjadi 74,78, sedangkan ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan dimana pada studi awal hanya 3 orang siswa (13,04%) menjadi 56,52% atau 13 siswa, meningkat lagi menjadi 21 siswa atau 91.30% serta pada akhir siklus kedua. Kesimpulannya bahwa melalui metode demonstrasi berbantukan media asli dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Jurang Mangu Timur 03 Tangerang Selatan.


Kata Kunci


partisipasi, hasil belajar, demonstrasi, media asli

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Tabrani Rusyan, 1993, Penuntun belajar yang sukses, Jakarta: Nike Karya. Jaya

Ali, Mohammad. 1992. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Anggoro, M. Toha. 2008. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arif S. Sadiman, dkk. 1990. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan. Pemanfaatannaya. Jakarta: CV. Rajawali.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan Evaluasi Pendidikan. Edisi. Revisi, Cetakan kesebelas, Jakarta : Bumi Aksara

Canei 1986.Tujuan Penerapan Metode Demonstrasi. Boston: Allyn & Bacon

Dahar, R.W. 2006. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003,. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2002. Model-Model Pembelajaran Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta. PGSM.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka. Cipta.

Heryanto, Imam, 2007, Membuat Database Dengan MS Office Access,. Informatika, Bandung

Ibnu Subiyanto. 1997. Metode Penelitian. Yogyakarta: UUP AMP. YKPN.

Ibrahim dan Nana Syahodih, 1992/ 1993. Perencanaan Pengajaran. Jakarta : Depdikbud.

Ibrahim, R. dan Nana Syaodih. 1993. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Karli, H dan Yuliariantiningsih, M.S. 2004 Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi Model-model Pembelajaran. Bandung : CV. Bina Media Informasi

Maulana, Adi. 2002. Model Pembelajaran Advance Organizer untuk Meningkatkan Struktur Kognitif Siswa dalam Konsep Jagat Raya. Bandung: Skripsi Tidak diterbitkan

Mulyani Sumantri dan Johar Permana, 1999, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi

Mulyasa, Enco. 2003. Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.

Mulyasa, Enco. 2004. Menjadi Guru Profesional. Cet. Ke-9 Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana 1990. Dasar-dasar Proses Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 1991. Media Pengajaran. Bandung: Sinar. Baru

Rohadi Ahmad, H.M. 2001. Pengelolaan Penjajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ruseffendi, E. T. 1993, Statistik Dasar untuk Penelitian, Bandung: Depdikbud.

Rusman. 2008. Pembelajaran. Jigsaw. Jakarta: Bumi Aksara

Sastropurto, Santoso. 1989. Partisipasi, Komunikasi, Persuasi, dan Disiplin dalam Pembangunan Nasional. Bandung: Alumni.

Soetomo. 1993. Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar. Cetakan Ke-1. Surabaya: Usaha Nasional

Sudjana, N 1987. Dasar Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosda Karya

Usman Samatowa. 1999. Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud Dirjendikti.

Wijaya, Nuriman. 1997. Tesis Penerapan Model CLIS Children’s Learning In Science untuk Meningkatkan Konsepsi Siswa tentang Sumber Makanan dalam Pembelajaran IPA-SD. Tidak Diterbitkan

Winardi, 2002.Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajeman. Jakarta : PT. Grafindo Persada.

Winataputra, Udin S.1992. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Yager, Robert E. 1996. The Science/Technology/Society Movement in the United States, Its Orogin, Evolution, and Rationale, Social Education.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jkpi.v3i1.2222

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Template Jurnal:

Jurnal Pendidikan Kajian IPA
Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut
Jl. Raya Samarang No. 52A Hampor - Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jpps.ipafpik@uniga.ac.id

Visitor

View My Stats

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

                  

Supported by:

Tools:

 Â