Penggunaan alat peraga tiga dimensi untuk meningkatkan daya ingat siswa pada mata pelajaran IPA

Selli Nopita Azhari, Ade Holis, Iis Komariah, Nurul Fatonah

Abstrak


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan siswa dalam mengikuti pembelajaran kurang maksimal karena kurang variatifnya guru dalam menggunakan media pembelajaran sehingga menurunnya daya ingat siswa alam mengikuti pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan alat peraga tiga dimensi dalam meningkatkan daya ingat siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VI-A MI Al-Khoiriyyah I Karangpawitan Garut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen Pre-Experiental Desain One Grup Pretest-Posttest. Penelitian ini mengadakan pretest dan posttest supaya hasil yang didapatkan lebih akurat. Berdasarkan  hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata 83 pottest dan 42 pretest. Setelah diadakan uji t didapatkan nilai Thitung lebih besar dari Ttabel yaitu 45,33>2,70 berada di daerah penerimaan Ha. Uji N-Gain sebesar 0,71 dengan iterpretasi tinggi. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan alat peraga tiga dimensi dapat meningkatkan daya ingat siswa pada mata pelajaran IPA.


Kata Kunci


Media, Alat Peraga, Daya Ingat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Rahmawati, T., & Holis, A. (2022). Penerapan..Metode..Index.Card.Match Terhadap..Hasil..Belajar..Siswa..pada..Mata..Pelajaran..IPA..Pokok Bahasan..Sistem..Pencernaan..Makanan..pada..Manusia.Jurnal.PGMI……UNIGA, 1(01).

Aunillah,..Nurla..Isna.(2015).Tips..dan..Trik..Mudah..Melejitkan…Daya…Ingat Anak.Yogyakarta:DIVAPress.

Damanik, B. N. (.2019.).Pengaruh..Alat..Peraga..Terhadap..Hasil..Belajar..Siswa Pada…Mata…Pelajaran..Ipa..Menggunakan..Model..Discovery..Learning Di…Kelas…V…Min…Medan…Tembung…TA2018/2019(Doctoralll dissertation,Universitas..Islam..Negeri..Sumatera..Utara).

Fadilah, Helma Nur. (2019).Pengaruh Bimbingan dan Konseling Terhadap Akhlak Siswa. Garut : Universitas Garut.

Fauziyyah, L. A. (2018).Pengaruh..Penggunaan..Alat..Peraga..Terhadap..Hasil Belajar..Pada..Mata..Pelajaran.Ilmu.Pengetahuan.Alam.Kelas.Iv..Sekolah..Dasar..Negeri…2..Rulung Raya..Natar..Lampung..Selatan..Tahun.Ajaran 2016/201 (Doctoral..dissertation,UIN..Raden..Intan..Lampung).

Sugiyono.2017,Metode..Penelitian…Kuantitatif,…Kualitatif,….danR&D,Bandung:CV Alfabeta.

Sunarti,S.,Jamhari,M.,&Paudi,R.I.(2016).Penerapan..Metode..DemonstrasiPada.Mata.Pelajaran.IPA.Untuk.Meningkatkan.Hasil.Belajar..Siswa..Kelas.,IV SDN..Padauloyo..Kecamatan..Ampana..Tete..Kabupaten...Tojo..Una-Una. Jurnal..Kreatif..Online,..4(4).

Yusuf,Syamsu.(2016).Psikologi.Perkembangan..Anak-.dan-.Remaja.Bandungg.: PT.--Remaja--Rosdakarya-Offset




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jkpi.v2i2.1926

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Template Jurnal:

Jurnal Pendidikan Kajian IPA
Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut
Jl. Raya Samarang No. 52A Hampor - Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jpps.ipafpik@uniga.ac.id

Visitor

View My Stats

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

                  

Supported by:

Tools:

 Â