Analisis kemampuan calon guru IPA mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran menggunakan SAMR

Dudung Abdurrahman, Nursafitri Nursafitri

Abstrak


Pembelajaran di masa pandemi Covid 19 mengharuskan guru memiliki kemampuan dalam teknologi untuk mendukung pembelajaran. Pembelajaran model ini menjadi new normal dalam pendidikan. Oleh karena itu, calon guru harus memiliki kemampuan mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan calon guru IPA dalam mengintergasikan teknologi dalam pembelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti perkuliahan microteaching semster ganjil 2021/2022 sebanyak 6 orang. Pofil kemampuan  calon guru IPA dalam mengintegrasikan teknologi diperoleh dari observasi pembelajaran yang disimulasikan. Tingkatan integrasi teknologi dalam pembelajaran dikelompokan menggunakan SAMR. Hasilnya diperoleh bahwa mahasiswa calon guru IPA dalam mengintegrasikan pembelajaran masih berada pada tingkat subtitution. Pada tingkat ini, teknologi digunakan pada pembelajaran hanya sebatas pengganti dan tidak ada peningkatan fungsional teknologi di pembelajaran.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, N., et al. (2021). The Effect Of Interactive Computer Animation And Simulation On Students’ Achievement And Motivation In Learning Electrochemistry. JPII 10 (3) (2021) 311-324

Castro, S. (2018). Google Forms Quizzes and Substitution, Augmentation, Modification, and Redefinition (SAMR) Model Integration. Issues and Trends in Educational Technology Volume 6, No.2

Chaeroni, Y. et al. (2019). Penerapan I-Spring Suite 8 Pada Model Pembelajaran Improve Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Program Linear Di Tingkat Sekolah Menengah. Jurnal Kehumasan Universitas Pendidikan Indonesia Volume 2, Nomor 2

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang

Elliniawat, E. et al. (2021). Face-to-face mode vs. Online mode: a discrepancy in analogy-based learning during covid-19 pandemic. JPII 10 (3) (2021) 368-377

http://www.hippasus.com/rrpweblog/archives/2014/12/11/SAMRandTPCK_HandsOnApproachClassroomPractice.pdf

Hunter, J. (2015). Technology integration and high possibility classrooms: Building from TPACK. Routledge

Juanda, A., et al. (2021). Teacher Learning Management: Investigating Biology Teachers’ TPACK To Conduct Learning During The Covid-19 Outbreak. JPII 10 (1) (2021) 48-59

Junaedi, S. (2021). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Mahasiswa Pada Mata Kuliah English For Information Communication And Technology. Bangun Rekaprima Vol.07/2

Larasati, D. & Sukisno, M. (2014). Penggunaan Media Simulasi Berbasis Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Fisika Pada Siswa Lintas Minat Di Sma Negeri 3 Pekalongan. Unnes Physic Education Journal 3 (3)

Minalti, M & Erita, Y. (2021). Penggunaan Aplikasi Nearpod Untuk Bahan Ajar

Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies Volume 4 Nomor 1

Muktiarni. (2021). Integration of The SAMR Learning Model In Vocational Education. Jurnal UPI Volume 10 Issue 1, Hal 83-88

Muliadi, A., Prayogi, S., Bahalwan, F., Nirmala, W., & Verawati, N. (2021). Online Learning During the Covid-19 Pandemic: Preservice Teacher’s Perception. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(3), 464-467

Niswatin, K. & Zainiyaiti, H. (2020). Implementasi Model SAMR (Substitution, Augmentation, Modification , Redefinition) di MI Al-Ishlah Glagah Lamongan. Tadris Jurnal Pendidikan Islam

Nurmalahayati, N., Salmiati, A., & Izasatifa, B. (2022). Analysis of the Covid-19 Learning Process and Knowledge Integration in the Education Unit. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(1), 140–146

Nuryani, D. & Handayani, I. (2020). Kompetensi Guru Di Era 4.0 Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Puentedura, R. R. (2014a). SAMR and TPCK: A Hands-On Approach to Classroom Practice. Ruben R. Puentedura’s Weblog. Diakses tanggal 2 Januari 2022 dari

Purnasari, P.,& Sadewo, Y. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik. Jurnal Publikasi Pendidikan Volume 10 Nomor 3

Salsabila, U. et al. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Univeristas Jambi Vol. 4 No.2

Savignano, M. A. (2017). Educators' Percpetions of the Substitution, Augmentation, Modification, Redefinition Model for Technology Integration. University of Northern Colorado

Suminar, D. (2019). Penerapan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Vol. 2, No.1, 2019, hal. 774-783

Suyamto, J., et al. (2020). Analisis Kemampuan Tpack (Technolgical, Pedagogical, And Content, Knowledge) Guru Biologi Sma Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. INKUIRI : Jurnal Pendidikan IPA Vol. 9 No.1

Zainal, M. (2020). Integrasi Model SAMR (Subtitution, Augmentation, Modification, and Redefinition) pada Diklat Jarak Jauh Balai Diklat Keagamaan Makassar. Jurnal Widyaiswara Indonesia Vol. 1, No. 3, pp. 155-163




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jkpi.v2i1.1601

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Template Jurnal:

Jurnal Pendidikan Kajian IPA
Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut
Jl. Raya Samarang No. 52A Hampor - Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jpps.ipafpik@uniga.ac.id

Visitor

View My Stats

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

                  

Supported by:

Tools:

 Â