Pengembangan media pembelajaran fisika berbentuk buletin pada materi usaha dan energi di SMA Negeri 2 Laung Tuhup
DOI:
https://doi.org/10.52434/jkpi11352Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Buletin Usaha dan Energi.Abstrak
Penelitian yang berjudul Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbentuk Buletin Pada Materi Usaha dan Energi di SMA Negeri 2 Laung Tuhup bertujuan untuk 1) mengembangkan sebuah media pembelajaran fisika berupa media cetak berbentuk buletin, 2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berdasarkan hasil validasi para ahli media dan materi, 3) mengetahui tanggapan guru dari kelayakan media sebelum di uji cobakan di lapangan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu R&D dengan metode yang digunakan adalah ADDIE dengan lima tahap yaitu (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) implementation (5) Evaluation. Namun penelitian yang dilakukan ini hanya sampai pada tahap ketiga saja yaitu tahap Development atau pengembangan. Data diperoleh dari dua orang dosen sebagai validasi ahli materi, dua orang dosen sebagai validasi ahli media, dan satu orang guru pembelajaran fisika di sekolah tempat penelitian. Hasil pengembangan media pembelajaran diperoleh nilai persentase total dari kedua validator ahli media pembelajaran sebesar 97% kategori sangat baik, hasil penilaian kedua validator ahli media mendapatkan hasil 95,2% kategori sangat baik, dan hasil penilaian guru fisika memperoleh nilai sebesar 98% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dapat dan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi usaha dan energi.
Referensi
Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Asyhari A, Silvia, H. 2016. Pengembangan media pembelajaran berupa buletin dalam bentuk buku saku untuk pembelajaran IPA terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi05(1):1- 13.
Fadhli B. 2016. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Erlangga
Habibati, M.Hasan. Nelva Rahmatul Fitri. Pengembangan Media Buletin Menggunakan Coreldraw X7 pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol.07 No. 01. Tahun 2019.
Hastuti, R., & Tiatri, S. (2012). Pendidikan Karakter Oleh Guru (Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam di Jakarta). Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islam, 144–150
Purwanto, Ngalim, 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Putri, Nur Rizki, dkk. Mengembangkan Buletin Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Gerak Melingkar pada Siswa Kelas X IPA SMA Negeri Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Radiasi Volume. Vol. 06 No. 1, tahun 2015.
Ratna Sari, Dina Rifari Handayani, Pramudya Dwi A.P, Pengembangan Buletin Mari Belajar IPA (MAPALA) Pembelajaran IPA Di MTs Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 6. No.1, Tahun 2017.
Retno ATP, Saputro S, Utami B. 2015. Pengembangan media pembelajaran buletin dalam bentuk buku saku berbasis hierarki konsep untuk pembela
Riswanti, I. 2016. Media Buletin Dan Seni Mural Dalam Upaya Meningkatkan Pengetahuan Tentang Obesitas. Journal Of Health Education 1(1):62-70. http://journal.unnes.ac.id/sju/index .php/jhealthedu/
Rochmat, W. (2009). Pembelajaran yang Efektif, Efisien, dan Menarik Sesuai dengan Perkembangan Teknologi Modern. Seminar Pendidikan, 1–11.
Sadiman, Arief S, R Raharjo, Anung Haryono dan Rahardjito. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Setyosari P. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana
Subagyo. (2015). Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia Pegawai Perusahaan Listrik Negara Rayon Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara. E-Journal Ilmu Pemerintahan, 3(2), 1098–1112
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabetha
Sulistyorini. 2009. Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.
Suwarna, Slamet, M., Raharja, S., Satunggalno, Lestari, B., Sukarna, I.M., Winarni, S., & Prihadi. 2006. Pengajaran Mikro Pendekatan Praktis dalam Menyiapkan Pendidik Profesional. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mengunggahnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta sitasi yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Efek Akses Terbuka).