Pengembangan media pembelajaran fisika berbentuk buletin pada materi usaha dan energi di SMA Negeri 2 Laung Tuhup

Rashtria Azizah Utami, Mukhlis Rohmadi, Nurul Septiana

Sari


Penelitian yang berjudul Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbentuk Buletin Pada Materi Usaha dan Energi di SMA Negeri 2 Laung Tuhup bertujuan untuk 1) mengembangkan sebuah media pembelajaran fisika berupa media cetak berbentuk buletin, 2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berdasarkan hasil validasi para ahli media dan materi, 3) mengetahui tanggapan guru dari kelayakan media sebelum di uji cobakan di lapangan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu R&D dengan metode yang digunakan adalah ADDIE dengan lima tahap yaitu (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) implementation (5) Evaluation. Namun penelitian yang dilakukan ini hanya sampai pada tahap ketiga saja yaitu tahap Development atau pengembangan. Data diperoleh dari dua orang dosen sebagai validasi ahli materi, dua orang dosen sebagai validasi ahli media, dan satu orang guru pembelajaran fisika di sekolah tempat penelitian. Hasil pengembangan media pembelajaran diperoleh nilai persentase total dari kedua validator ahli media pembelajaran sebesar 97% kategori sangat baik, hasil penilaian kedua validator ahli media mendapatkan hasil 95,2% kategori sangat baik, dan hasil penilaian guru fisika memperoleh nilai sebesar 98% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dapat dan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi usaha dan energi.


Kata Kunci


Media Pembelajaran; Buletin Usaha dan Energi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asyhari A, Silvia, H. 2016. Pengembangan media pembelajaran berupa buletin dalam bentuk buku saku untuk pembelajaran IPA terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi05(1):1- 13.

Fadhli B. 2016. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Erlangga

Habibati, M.Hasan. Nelva Rahmatul Fitri. Pengembangan Media Buletin Menggunakan Coreldraw X7 pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol.07 No. 01. Tahun 2019.

Hastuti, R., & Tiatri, S. (2012). Pendidikan Karakter Oleh Guru (Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam di Jakarta). Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islam, 144–150

Purwanto, Ngalim, 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Putri, Nur Rizki, dkk. Mengembangkan Buletin Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Gerak Melingkar pada Siswa Kelas X IPA SMA Negeri Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Radiasi Volume. Vol. 06 No. 1, tahun 2015.

Ratna Sari, Dina Rifari Handayani, Pramudya Dwi A.P, Pengembangan Buletin Mari Belajar IPA (MAPALA) Pembelajaran IPA Di MTs Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 6. No.1, Tahun 2017.

Retno ATP, Saputro S, Utami B. 2015. Pengembangan media pembelajaran buletin dalam bentuk buku saku berbasis hierarki konsep untuk pembela

Riswanti, I. 2016. Media Buletin Dan Seni Mural Dalam Upaya Meningkatkan Pengetahuan Tentang Obesitas. Journal Of Health Education 1(1):62-70. http://journal.unnes.ac.id/sju/index .php/jhealthedu/

Rochmat, W. (2009). Pembelajaran yang Efektif, Efisien, dan Menarik Sesuai dengan Perkembangan Teknologi Modern. Seminar Pendidikan, 1–11.

Sadiman, Arief S, R Raharjo, Anung Haryono dan Rahardjito. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Setyosari P. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana

Subagyo. (2015). Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia Pegawai Perusahaan Listrik Negara Rayon Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara. E-Journal Ilmu Pemerintahan, 3(2), 1098–1112

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabetha

Sulistyorini. 2009. Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.

Suwarna, Slamet, M., Raharja, S., Satunggalno, Lestari, B., Sukarna, I.M., Winarni, S., & Prihadi. 2006. Pengajaran Mikro Pendekatan Praktis dalam Menyiapkan Pendidik Profesional. Yogyakarta: Tiara Wacana.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jkpi.v2i1.1352

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Template Jurnal:

Jurnal Pendidikan Kajian IPA
Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut
Jl. Raya Samarang No. 52A Hampor - Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jpps.ipafpik@uniga.ac.id

Visitor

View My Stats

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

                  

Supported by:

Tools: