Pemanfaatan aplikasi CBT sebagai alat evaluasi pada mata kuliah dasar-dasar pendidikan MIPA dan morfologi tumbuhan

Nurul Septiana

Abstrak


Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi CBT (Computer Based Test) pada ujian tengah semester dan ujian akhir semester pada Mata Kuliah Dasar-dasar Pendidikan MIPA dan Morfologi Tumbuhan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan jumlah sampel 29 mahasiswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan angket menggunakan Google Form, dilanjutkan dengan melakukan kajian dan analisis data. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa lebih dari 50% mahasiswa memberikan respon yang positif dalam pelaksanaan ujian menggunakan CBT pada aspek perasaan senang, ketertarikan, motivasi, keinginan, dan keterampilan dalam penggunaan aplikasi. Aplikasi CBT memiliki banyak kelebihan dibandingkan evaluasi berbasis PBT, tetapi juga masih terdapat kelemahan terutama terkait koneksi jaringan dan sulitnya memantau kejujuran mahasiswa selama pelaksanaan tes.


Kata Kunci


CBT; alat evaluasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budiaji, W., Fakultas, D., Universitas, P., Tirtayasa, A., Raya, J., Km, J., & Serang Banten, P. (2013). SKALA PENGUKURAN DAN JUMLAH RESPON SKALA LIKERT (The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale). Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perikanan Desember, 2(2), 127–133. http://umbidharma.org/jipp

Dwi, P., & Pamungkas, A. (2017). COMPUTER BASED TEST (CBT) PADA SEKOLAH TINGGI TARAKANITA JAKARTA MENGGUNAKAN METODE COMPUTERIZED FIXED-FORM TEST (CFT). In Petrus Dwi Ananto Pamungkas Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan: Vol. IV (Issue 1). http://journal.widyatama.ac.id/index.php/jitter/article/view/150

Hasanah, N., Asmawati, L., Saputri, A., Pratiwi, R., Alifa, N., Putri, A., Utami, D., & Adityarini, H. (n.d.). Penerapan Ulangan Harian Matematika Menggunakan PHT Berbasis Android di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Journals.Ums.Ac.Id, 2(1). https://doi.org/10.23917/blbs.v2i1.11606

Isroatin, S. (2020). Usability Testing pada sistem Computer Based Testing (CBT) menggunakan System Usability Scale (SUS): Studi kasus di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum. http://etheses.uin-malang.ac.id/20280/

Jabal, G. H.-P. S. N. U., & 2021, undefined. (2021). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE FORM UNTUK UJIAN AKHIR SEMESTER BAGI MAHASISWA PGMI AL HILAL SIGLI. In journal.unigha.ac.id. http://journal.unigha.ac.id/index.php/SemNas

Lutfi Eko Nurseha, M., & Nur Budiono, A. (2021). Pengaruh Ujian Ulangan Harian Menggunakan Computer Based Test Terhadap Motivasi Belajar Siswa. PEDAGOGIKA, 12(1), 21–31. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/pedagogika/article/view/623

Maiziani, F. (n.d.). EFEKTIVITAS COMPUTER BASED TESTING SEBAGAI SARANA TES HASIL BELAJAR. In ojs.umrah.ac.id (Vol. 4). Retrieved May 12, 2021, from http://ojs.umrah.ac.id/index.php/kiprah/article/download/406/297

Maryam, S., Pamungkas, D., ATIKAN, A. S.-, & 2013, undefined. (n.d.). Literasi Sastera pada Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastera Indonesia. In journals.mindamas.com. Retrieved May 10, 2021, from www.indexmundi.com/indonesia/literacy.html,

Miftahul Basar, A. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri-Cikarang Barat-Bekasi). Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Putri, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Sistem Evaluasi Dengan Media CBT (Computer Based Test) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis. http://digilib.uinsby.ac.id/45809/

Sadikin, A., Hamidah, A., Studi, P., Biologi, P., Universitas, F., Kampus, J., Masak, P., Jambi, J., Bulian, M., Indah, M., Jaluko, K., Muarojambi-, K., Kode, J., & Artikel, I. (n.d.). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Online-Journal.Unja.Ac.Id. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Setemen, K. (n.d.). PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN ONLINE. In ejournal.undiksha.ac.id. Retrieved May 7, 2021, from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/viewFile/124/118

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta

Tri, N., Pamungkas, S., & Hakim, L. (n.d.). PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBASIS COMPUTER TEST (CBT) PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN DAGANG DI SMA NEGERI 1 PURI MOJOKERTO. In jurnalmahasiswa.unesa.ac.id. Retrieved May 12, 2021, from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/29339

Wuryo Handono, F., & Nurdin, H. (n.d.). Network File System Implementation on Computer-Based Exam. INDONESIAN JOURNAL OF ENGINEERING RESEARCH, 2020(1), 20–26. https://doi.org/10.11594/ijer.01.01.04




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jkpi.v1i2.1166

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Template Jurnal:

Jurnal Pendidikan Kajian IPA
Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut
Jl. Raya Samarang No. 52A Hampor - Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jpps.ipafpik@uniga.ac.id

Visitor

View My Stats

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

                  

Supported by:

Tools:

 Â