Pemanfaatan aplikasi CBT sebagai alat evaluasi pada mata kuliah dasar-dasar pendidikan MIPA dan morfologi tumbuhan
DOI:
https://doi.org/10.52434/jkpi21166Kata Kunci:
CBT, alat evaluasiAbstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi CBT (Computer Based Test) pada ujian tengah semester dan ujian akhir semester pada Mata Kuliah Dasar-dasar Pendidikan MIPA dan Morfologi Tumbuhan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan jumlah sampel 29 mahasiswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan angket menggunakan Google Form, dilanjutkan dengan melakukan kajian dan analisis data. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa lebih dari 50% mahasiswa memberikan respon yang positif dalam pelaksanaan ujian menggunakan CBT pada aspek perasaan senang, ketertarikan, motivasi, keinginan, dan keterampilan dalam penggunaan aplikasi. Aplikasi CBT memiliki banyak kelebihan dibandingkan evaluasi berbasis PBT, tetapi juga masih terdapat kelemahan terutama terkait koneksi jaringan dan sulitnya memantau kejujuran mahasiswa selama pelaksanaan tes.
Referensi
Budiaji, W., Fakultas, D., Universitas, P., Tirtayasa, A., Raya, J., Km, J., & Serang Banten, P. (2013). SKALA PENGUKURAN DAN JUMLAH RESPON SKALA LIKERT (The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale). Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perikanan Desember, 2(2), 127–133. http://umbidharma.org/jipp
Dwi, P., & Pamungkas, A. (2017). COMPUTER BASED TEST (CBT) PADA SEKOLAH TINGGI TARAKANITA JAKARTA MENGGUNAKAN METODE COMPUTERIZED FIXED-FORM TEST (CFT). In Petrus Dwi Ananto Pamungkas Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan: Vol. IV (Issue 1). http://journal.widyatama.ac.id/index.php/jitter/article/view/150
Hasanah, N., Asmawati, L., Saputri, A., Pratiwi, R., Alifa, N., Putri, A., Utami, D., & Adityarini, H. (n.d.). Penerapan Ulangan Harian Matematika Menggunakan PHT Berbasis Android di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Journals.Ums.Ac.Id, 2(1). https://doi.org/10.23917/blbs.v2i1.11606
Isroatin, S. (2020). Usability Testing pada sistem Computer Based Testing (CBT) menggunakan System Usability Scale (SUS): Studi kasus di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum. http://etheses.uin-malang.ac.id/20280/
Jabal, G. H.-P. S. N. U., & 2021, undefined. (2021). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE FORM UNTUK UJIAN AKHIR SEMESTER BAGI MAHASISWA PGMI AL HILAL SIGLI. In journal.unigha.ac.id. http://journal.unigha.ac.id/index.php/SemNas
Lutfi Eko Nurseha, M., & Nur Budiono, A. (2021). Pengaruh Ujian Ulangan Harian Menggunakan Computer Based Test Terhadap Motivasi Belajar Siswa. PEDAGOGIKA, 12(1), 21–31. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/pedagogika/article/view/623
Maiziani, F. (n.d.). EFEKTIVITAS COMPUTER BASED TESTING SEBAGAI SARANA TES HASIL BELAJAR. In ojs.umrah.ac.id (Vol. 4). Retrieved May 12, 2021, from http://ojs.umrah.ac.id/index.php/kiprah/article/download/406/297
Maryam, S., Pamungkas, D., ATIKAN, A. S.-, & 2013, undefined. (n.d.). Literasi Sastera pada Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastera Indonesia. In journals.mindamas.com. Retrieved May 10, 2021, from www.indexmundi.com/indonesia/literacy.html,
Miftahul Basar, A. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri-Cikarang Barat-Bekasi). Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112
Putri, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Sistem Evaluasi Dengan Media CBT (Computer Based Test) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis. http://digilib.uinsby.ac.id/45809/
Sadikin, A., Hamidah, A., Studi, P., Biologi, P., Universitas, F., Kampus, J., Masak, P., Jambi, J., Bulian, M., Indah, M., Jaluko, K., Muarojambi-, K., Kode, J., & Artikel, I. (n.d.). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Online-Journal.Unja.Ac.Id. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Setemen, K. (n.d.). PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN ONLINE. In ejournal.undiksha.ac.id. Retrieved May 7, 2021, from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/viewFile/124/118
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta
Tri, N., Pamungkas, S., & Hakim, L. (n.d.). PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBASIS COMPUTER TEST (CBT) PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN DAGANG DI SMA NEGERI 1 PURI MOJOKERTO. In jurnalmahasiswa.unesa.ac.id. Retrieved May 12, 2021, from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/29339
Wuryo Handono, F., & Nurdin, H. (n.d.). Network File System Implementation on Computer-Based Exam. INDONESIAN JOURNAL OF ENGINEERING RESEARCH, 2020(1), 20–26. https://doi.org/10.11594/ijer.01.01.04
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mengunggahnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta sitasi yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Efek Akses Terbuka).