Profil sikap terhadap sains mahasiswa calon guru dalam pembelajaran etnosains
DOI:
https://doi.org/10.52434/jkpi11060Kata Kunci:
Sikap, Sikap terhadap sains, EtnosainsAbstrak
Mengembangkan sikap dan minat yang positif terhadap sains telah menjadi salah satu tujuan utama dalam pengajaran dan pembelajaran sains di segala jenjang pendidikan, termasuk pada jenjang universitas. Hasil belajar pada domain sikap juga sama pentingnya dengan hasil belajar pada domain kognitif dan psikomotor. Sikap guru terhadap sains sangat mempengaruhi kegiatan pembelajaran dan sikap terhadap sains dari siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil sikap terhadap sains mahasiswa calon guru dalam pembelajaran etnosains. Pembelajaran berbasis etnosains adalah hal yang dirasa perlu dibekalkan kepada mahasiswa calon guru sains, karena pembelajaran yang memadukan nilsi kearifan lokal, pengetahuan asli masyarakat, dan pengetahuan saintifik mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep sains. Penelitian ini menggunakan metode survei sebagai penelitian deskriptif yang ditujukan untuk memperoleh data kuantitatif sikap terhadap sains. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket sikap terhadap sains. Berdasarkan angket sikap terhadap sains, mahasiswa memiliki persentase yang tinggi pada dimensi perasaan tentang sains, keinginan atau minat untuk berkarir di bidang sains, dan sikap terhadap penemuan dan kemajuan teknologi. Sedangkan pada dimensi keempat, yaitu persepsi terhadap ilmuwan memiliki persentase yang sedang karena telah terjadi pergeseran pandangan terhadap stereotip ilmuwan.Referensi
Astalini, A., Kurniawan, D. A., Kurniawan, N., & Anggraini, L. (2019). Evaluation of Student’s Attitude Toward Science in Indonesia. Open Journal for Educational Research, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.32591/coas.ojer.0301.01001a
Fasasi, R. A. (2017). Effects of ethnoscience instruction, school location, and parental educational status on learners’ attitude towards science. International Journal of Science Education, 39(5), 548–564. https://doi.org/10.1080/09500693.2017.1296599
Fulmer, G. W., Ma, H., & Liang, L. L. (2019). Middle school student attitudes toward science, and their relationships with instructional practices: a survey of Chinese students’ preferred versus actual instruction. Asia-Pacific Science Education, 5(1). https://doi.org/10.1186/s41029-019-0037-8
Hacieminoglu, E. (2016). Elementary school students’ attitude toward science and related variables. International Journal of Environmental and Science Education, 11(2), 35–52. https://doi.org/10.12973/ijese.2016.288a
Hillman, S. J., Zeeman, S. I., Tilburg, C. E., & List, H. E. (2016). My Attitudes Toward Science (MATS): the development of a multidimensional instrument measuring students’ science attitudes. Learning Environments Research, 19(2), 203–219. https://doi.org/10.1007/s10984-016-9205-x
İnce Aka, E. (2016). An investigation into prospective science teacher’ attitudes towards laboratory course and self-efficacy beliefs in laboratory use. International Journal of Environmental and Science Education, 11(10), 3319–3331.
Jeffery, E., Nomme, K., Deane, T., Pollock, C., & Birol, G. (2016). Investigating the role of an inquiry-based biology lab course on student attitudes and views toward science. CBE Life Sciences Education, 15(4), 1–12. https://doi.org/10.1187/cbe.14-11-0203
Julianto, Wasis, & Agustini, R. (2018). Profil Sikap Terhadap Sains, Keterampilan Proses Sains, dan Kreativitas Mahasiswa Jurusan PGSD FIP UNESA di Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. Seminar Nasional Pendidikan, 197–202.
Lee, S., & Kim, S. H. (2018). Scientific Knowledge and Attitudes Toward Science in South Korea: Does Knowledge Lead to Favorable Attitudes? Science Communication, 40(2), 147–172. https://doi.org/10.1177/1075547017753189
Long, C. S. (2019). The Effect of Science Education Classes on Preservice Elementary Teachers’ Attitudes About Science. Journal of College Science Teaching, 48(6).
Mayasari, T. (2017). Integrasi budaya Indonesia dengan Pendidikan Sains. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 12–17.
McDonald, C. V., Klieve, H., & Kanasa, H. (2019). Exploring Australian Preservice Primary Teachers’ Attitudes Toward Teaching Science Using the Dimensions of Attitude toward Science (DAS). Research in Science Education. https://doi.org/10.1007/s11165-019-09910-z
Nuroso, H., Supriyadi, Sudarmin, S., & Sarwi. (2018). Identification of indigenous science in the brick-making process through ethnoscience study. Journal of Physics: Conference Series, 983(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012172
Parmin. (2015). Potensi Kearifan Lokal dalam Pembelajaran IPA di SMP. Seminar Nasional Konservasi Dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam, 278–282.
Rahmawati, S., Subali, B., & Sarwi. (2019). The Effect of Ethnoscience Based Contextual Learning Toward Students’ Learning Activity. Journal of Primary Education, 8(2), 152–160.
Rutjens, B. T., Heine, S. J., Sutton, R. M., & van Harreveld, F. (2018). Attitudes Towards Science. In Advances in Experimental Social Psychology (1st ed., Vol. 57). Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/bs.aesp.2017.08.001
Sofiani, D., Maulida, A. S., Fadhillah, N., & Sihite, D. Y. (2017). Gender Differences in Students’ Attitude towards Science. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012168
Suastra, I. W. (2010). Model Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal Untuk Mengembangkan Kompetensi Dasar Sains dan Nilai Kearifan Lokal di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 43(2), 8–16.
Sudarmin, Febu, R., Nuswowati, M., & Sumarni, W. (2017). Development of Ethnoscience Approach in The Module Theme Substance Additives to Improve the Cognitive Learning Outcome and Student’s entrepreneurship. Journal of Physics: Conference Series, 824. https://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001
Van Aalderen-Smeets, S. I., & Van Der Molen, J. H. W. (2015). Improving primary teachers’ attitudes toward science by attitude-focused professional development. Journal of Research in Science Teaching, 52(5), 710–734. https://doi.org/10.1002/tea.21218
Wilder, O., Butler, M. B., Acharya, P., & Gill, M. (2019). Preservice Elementary Science Teacher Attitudes Matter: A New Instrument on Positive Affect Toward Science. Journal of Science Teacher Education, 30(6), 601–620. https://doi.org/10.1080/1046560X.2019.1589849
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mengunggahnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta sitasi yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Efek Akses Terbuka).