Pengaruh model pembelajaran e-learning berbantuan Google Classroom dan Zoom Cloud Meeting terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 6 Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.52434/jkpi11053Kata Kunci:
e-learning, google classroom, zoom cloud meeting, hasil belajarAbstrak
Pembelajaran fisika siswa di sekolah menengah banyak menuntut siswa untuk lebih aktif belajar mandiri disamping pembelajaran yang dilakukan di kelas. Melalui e-learning berbantuan google classroom dan zoom sebagai pengganti sarana tatap muka, peserta didik dapat leluasa belajar secara mandiri dan melakukan diskusi dengan pengajar dimanapun dan kapanpun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa, hasil belajar siswa, dan pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 6 Samarinda. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dengan sampel kelas X TKRO 2 sebanyak 30 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan one group pretest-posttest design. Pengambilan data menggunakan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran serta tes awal dan tes akhir untuk mengukur hasil belajar siswa. Analisis angket menunjukkan bahwa respon siswa termasuk dalam kategori baik. Analisis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa kelas X TKRO 2 memperoleh N-Gain sebesar 0,59 yang terkategori sedang dengan rata-rata nilai sebesar 70,20. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t berpasangan diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model e- learning berbantuan google classroom dan zoom terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, pembelajaran e- learning ini sesuai digunakan untuk memfasilitasi kegiatan belajar siswa di masa pandemi.Referensi
Achyanadia, S. (2016). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas SDM. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 11–21.
Agustino, L. (2020). Analisis Kebijakan Penanganan Wabah Covid-19 : Pengalaman Indonesia Analysis Of Covid-19 Outbreak Handling Policy : The Experience Of Indonesia. Junal Borneo Administrator, 16(2), 253–270.
Aryaningrum, K. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Web (E-Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas Xi Di Sma Negeri 9 Palembang. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 10(2), 154–162.
Budiman, A., Arifin, A., & Marlianto, F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada SMK di Pontianak. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi (JNKTI), 2(2), 133–139. https://doi.org/10.32672/jnkti.v2i2.1556
Iftakhar, S. (2016). Google classroom: what works and how? Journal of Education and Social Sciences, 3, 12–18.
Malalina, R. F. Y. (2018). Pelatihan Google Classroom Untuk Mengoptimalisasi Proses Pembelajaran di FKIP Universitas Tamansiswa Palembang. Jurnal Cemerlang: Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 58–70. https://doi.org/10.31540/jpm.v1i1.159
Pratiwi, A. D., & Wahyuni, E. S. (2019). Potensi Aplikasi Zoom Cloud Meeting Dalam Pembelajaran Di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional FKIP 2019, 1747–1754.
Pujiono. (2016). Pembelajaran CEM_Learning (C-Learning, E-Learning, M-Learning) Menuju Era Pembelajaran Digital. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 1–9(November), 632–641.
Putri, D. I., Pratikto, H., & Wardana, L. W. (2016). Pengembangan Media Autoplay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Prinsip-Prinsip Bisnis. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 2(2), 133–138.
Rikizaputra & Hanna Sulastri. (2020). Pengaruh E-LEarning dengan Google Classroom Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Biologi Siswa. Lectura, Jurnal Pendidikan, 11(1), 106–118. https://doi.org/10.2183/tja.75.1_27
Silahuddin, S. (2015). Penerapan E-Learning dalam Inovasi Pendidikan. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 48–59. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.310
Solikha, N., & Rasyida, I. (2020). Efektifitas Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology Terhadap Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa X IPS MAN Kota Pasuruan. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 11(1), 31–42.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.
Wartomo. (2018). Peranan Teknologi Pendidikan Terhadap Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia. Elementary School, 5(1), 112–119.
Zhou, G., Chen, S., & Chen, Z. (2020). Back to the spring of 2020: facts and hope of COVID-19 outbreak. Frontiers of Medicine, 14(2), 113–116. https://doi.org/10.1007/s11684-020-0758-9
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mengunggahnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta sitasi yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Efek Akses Terbuka).