Pengaruh model pembelajaran e-learning berbantuan Google Classroom dan Zoom Cloud Meeting terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 6 Samarinda

Nisa Nisa, Laili Komariyah, Muliati Syam

Abstrak


Pembelajaran fisika siswa di sekolah menengah banyak menuntut siswa untuk lebih aktif belajar mandiri disamping pembelajaran yang dilakukan di kelas. Melalui e-learning berbantuan google classroom dan zoom sebagai pengganti sarana tatap muka, peserta didik dapat leluasa belajar secara mandiri dan melakukan diskusi dengan pengajar dimanapun dan kapanpun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa, hasil belajar siswa, dan pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 6 Samarinda. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dengan sampel kelas X TKRO 2 sebanyak 30 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan one group pretest-posttest design. Pengambilan data menggunakan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran serta tes awal dan tes akhir untuk mengukur hasil belajar siswa. Analisis angket menunjukkan bahwa respon siswa termasuk dalam kategori baik. Analisis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa kelas X TKRO 2 memperoleh N-Gain sebesar 0,59 yang terkategori sedang dengan rata-rata nilai sebesar 70,20. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t berpasangan diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model e- learning berbantuan google classroom dan zoom terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, pembelajaran e- learning ini sesuai digunakan untuk memfasilitasi kegiatan belajar siswa di masa pandemi.

Kata Kunci


e-learning, google classroom, zoom cloud meeting, hasil belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achyanadia, S. (2016). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas SDM. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 11–21.

Agustino, L. (2020). Analisis Kebijakan Penanganan Wabah Covid-19 : Pengalaman Indonesia Analysis Of Covid-19 Outbreak Handling Policy : The Experience Of Indonesia. Junal Borneo Administrator, 16(2), 253–270.

Aryaningrum, K. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Web (E-Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas Xi Di Sma Negeri 9 Palembang. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 10(2), 154–162.

Budiman, A., Arifin, A., & Marlianto, F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada SMK di Pontianak. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi (JNKTI), 2(2), 133–139. https://doi.org/10.32672/jnkti.v2i2.1556

Iftakhar, S. (2016). Google classroom: what works and how? Journal of Education and Social Sciences, 3, 12–18.

Malalina, R. F. Y. (2018). Pelatihan Google Classroom Untuk Mengoptimalisasi Proses Pembelajaran di FKIP Universitas Tamansiswa Palembang. Jurnal Cemerlang: Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 58–70. https://doi.org/10.31540/jpm.v1i1.159

Pratiwi, A. D., & Wahyuni, E. S. (2019). Potensi Aplikasi Zoom Cloud Meeting Dalam Pembelajaran Di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional FKIP 2019, 1747–1754.

Pujiono. (2016). Pembelajaran CEM_Learning (C-Learning, E-Learning, M-Learning) Menuju Era Pembelajaran Digital. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 1–9(November), 632–641.

Putri, D. I., Pratikto, H., & Wardana, L. W. (2016). Pengembangan Media Autoplay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Prinsip-Prinsip Bisnis. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 2(2), 133–138.

Rikizaputra & Hanna Sulastri. (2020). Pengaruh E-LEarning dengan Google Classroom Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Biologi Siswa. Lectura, Jurnal Pendidikan, 11(1), 106–118. https://doi.org/10.2183/tja.75.1_27

Silahuddin, S. (2015). Penerapan E-Learning dalam Inovasi Pendidikan. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 48–59. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.310

Solikha, N., & Rasyida, I. (2020). Efektifitas Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology Terhadap Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa X IPS MAN Kota Pasuruan. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 11(1), 31–42.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Wartomo. (2018). Peranan Teknologi Pendidikan Terhadap Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia. Elementary School, 5(1), 112–119.

Zhou, G., Chen, S., & Chen, Z. (2020). Back to the spring of 2020: facts and hope of COVID-19 outbreak. Frontiers of Medicine, 14(2), 113–116. https://doi.org/10.1007/s11684-020-0758-9




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jkpi.v1i1.1053

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Template Jurnal:

Jurnal Pendidikan Kajian IPA
Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut
Jl. Raya Samarang No. 52A Hampor - Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jpps.ipafpik@uniga.ac.id

Visitor

View My Stats

Copyright © journal.uniga.ac.id 2021  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

                  

Supported by:

Tools:

 Â