EKSPLORASI DAN PROYEKSI PENGEMBANGAN STRATEGIS WANA WISATA WINONG DI KABUPATEN MALANG

Putra - Irwandi, Erwinda Mufidah Izzati

Sari


Pengembangan potensi pariwisata sangat penting dilakukan dan harus menjadi fokus perhatian berbagai stakeholder, termasuk di Wana Wisata Winong, Kabupaten Malang. Wana Wisata Winong memberikan dampak multiplier effect bagi masyarakat lokal, pengelola, dan kaitannya kolaborasi bersama pemerintah desa setempat. Peningkatan kesejahteraan masyarakat, promosi wisata, peningkatan jumlah pengunjung, peningkatan dan pengembangan sarana dan prasarana pariwisata sangat penting dilakukan. Penelitian ini berfokus pada dua tujuan yakni melakukan eksplorasi pengembangan dengan pendekatan SWOT, dan memproyeksikan pengembangan investasi di Wana Wisata Winong selama 20 tahun kedepan dengan pendekatan kelayakan finansial meliputi NPV, IRR, B/C Rasio, dan payback periode. Penelitian ini dilakukan di secara bertahap dimulai dari tahun April 2022. Pengumpulan data dilakukan secara purposive sesuai dengan tujuan peneliti yakni melalui kepala desa, pengelola wisata winong, dan pelaku umkm yang ada di sekitar kawasan wisata winong. Berdasarkan hasil yang didapat menunjukkan bahwa kekuatan dan peluang yang dimiliki Wana Wisata Winong dapat mengembangkan wisata secara strategis, sedangkan kelemahan dan ancaman dapat diantisipasi. Secara finansial, Wana Wisata Winong termasuk kategori layak untuk dikembangkan. Nilai NPV yang diperoleh sebesar Rp528.301.197, nilai BC/Rasio sebesar 1,82 dimana lebih besar dari 1, nilai IRR sebesar 23% lebih besar dari suku bungan 3,5%, dan payback period sebesar 3,2 yang berarti bahwa Kawasan Wisata Winong akan balik modal pada 3 tahun 2 bulan. Sehingga secara finansial, Wana Wisata Winong menguntungkan dan layak untuk dikembangkan.


Kata Kunci


Eksplorasi, Kelayakan Finansial, Proyeksi, SWOT

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aziz, N. L. L. (2016). Otonomi Desa dan Efektivitas Dana Desa. Jurnal Penelitian Politik, 13(2), 193–211. https://doi.org/https://doi.org/10.14203/JPP.V13I2.575

Dewanto, R. (2017). Analisis kelayakan pengembangan Obyek Wisata Arung Jeram ( Studi kasus : Bosamba Rafting ). Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 6(1), 1–21.

Irwandi, P., Lasitya, D. S., Sapitri, H., Cahyani, S. N., & Kharisudin, A. (2023). Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Hidroponik CV ABC Menggunakan Pendekatan SWOT dan QSPM Formulation Of Cv Abc Hydroponic Business Development Strategy Using Swot And Qspm Approach. 7(1), 43–054. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2023.007.01.5

Irwandi, P., Purnomo, M., Riyanto, S., & Pertiwi, A. (2023). Establishment And Planning Of Economic Destinations Through Financial ( Stuuk Sate ) In Malang Regency. 23(3), 411–419.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/mja.v7i1.3210

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<

SUB MENU

     

      

Pengunjung :

Status Pengunjung Jurnal

PROGRAM STUDI AGRIBISNIS, FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GARUT
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jurnalmahatani@uniga.ac.id

ISSN/EISSN :                                UNDUH TEMPLATE :                   KERJA SAMA :

                          

Terindex Oleh :

            

     JournalStories Main logo   

Didukung Oleh :

Alat yang disarankan:

    

Copyright © journal.uniga.ac.id 2018 | Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.