PENGARUH BRAND EQUITY MINYAK GORENG BIMOLI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KOTA SURAKARTA

Erlyna Wida Riptanti, Iffan Izzul Haq, Heru Irianto

Abstrak


Penelitian dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek minyak goreng bimoli terhadap keputusan pembelian di Kota Surakarta. Ekuitas merek terdiri dari asosiasi merek, persepsi kualitas, kesadaran merek, dan loyalitas merek. Penelitian  menggunakan metode kausal komparatif sebagai metode dasar. Kota Surakarta dipilih sebagai lokasi penelitian secara purposive. Metode penentuan responden penelitian secara accidental sampling, yaitu pada saat responden membeli minyak goreng. Total responden yang diambil sebagai sampel sebanyak 100 orang. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) melalui pendekatan Partial Least Square. Software yang digunakan adalah smartPLS 4.0. Uji instrument diketahui terdapat satu indikator yang tidak valid dan harus dieliminasi. Berdasarkan hasil evaluasi model pengukuran menunjukkan setiap indikator diketahui valid dan reliabel terhadap uji validitas konvergen, validitas dikriminan, dan uji reliabilitas. Sedangkan hasil evaluasi model struktural menunjukkan persepsi kualitas dan asosiasi merek merek memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian minyak goreng bimoli di Kota Surakarta. Variabel persepsi kualitas mempunyai pengaruh terbesar sedangkan variabel kesadaran merek dan loyalitas merek tidak berpengaruh signifikan.


Kata Kunci


Ekuitas Merek, Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adityo, B. dan Khasanah, I. 2011. Analisis pengaruh kepercayaan, kemudahan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian secara online di situs kaskus. Skripsi. Semarang: Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro

Apriany, A. dan Gendalasari, G.G. 2022. Pengaruh kesadaran merek dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk AMDK SUMMIT. Jurnal Ilmiah Manajemen 10(1): 105-114.

Ardian, B. O., dan Wijaya, C. A. 2017. Analisa pengaruh asosiasi merek terhadap loyalitas pelanggan JW Marriott Surabaya dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel perantara. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa 5(2): 459–472

Arif, M. E. 2019. The influence of electronic word of mouth (EWOM), brand image, and price on re-purchase intention of airline customers. Jurnal Aplikasi Manajemen 17(2): 345–356

Aurellia, T. dan Perdana, H. 2020. Penerapan structural equation modeling partial least square pada kepuasan masyarakat terhadap pelayanan public kepolisian Kalimantan Barat. Buletin Ilmiah Math. Stat. dan Terapannya 9(4): 475-482.

BPS. 2018. Survei Biaya Hidup 2018. Jakarta: BPS

BPS. 2021. Statistik Indonesia Tahun 2021. Jakarta: BPS

Darmawan, A. H., dan Nur, D. A. 2016. Dampak peningkatan jaringan 3G PT Indosat terhadap kepuasan pelanggan di Jabotabek dengan metode Structural Equation Modelling (SEM). Jurnal Pilar Nusa Mandiri 12(2): 219–226.

Djoyohadikusumo. 2017. Pengaruh customer satisfaction terhadap customer loyalty pada pembelian tiket online pesawat di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya 6(2): 1222-1240.

Easterina, B.S. 2018. Kecenderungan Impulsive Buying pada Ibu Rumah Tangga ditinjau dari Status Pekerja dan Bukan Pekerja. Skripsi. Universitas Sanata Dharma.

Hair, Jr., J. F., Anderson, R. E., Tatham, R. L., & Black, W. C. 2006. Multivariate data analysis. 6th edition. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc.

Julianto, D., Utari, P. A. 2019. Analisa pengaruh tingkat pendidikan terhadap pendapatan individu di Sumatera Barat. Jurnal Ikraith Ekonomika 2(2): 122-131.

Lempang, I. R., Fatimawati, dan Palealu, N. C. 2016. Uji kualitas minyak goreng curah dan minyak goreng kemasan di Manado. Pharmacon 5(4): 155–161

Lie, T.D., Purnomo, D., Sari, D.K. 2017. Pengaruh persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian konsumen pada keripik pedas Maicih. Jurnal Cakrawala 1(1): 137-158.

Mardiana, N. dan Faqih, A. 2019. Model SEM-PLS terbaik untuk evaluasi pembelajaran matematika diskrit dengan LMS. Jurnal Ilmu Matematik dan Terapan 13(3): 157-170.

Miysell, K. dan Wasisto, J. 2020. Persepsi mahasiswa program studi ilmu perpustakaan Universitas Diponegoro pada peluang kerja information professional. Jurnal Ilmu Perpustakaan 9 (2): 42-50

Noviyanti, R. dan Nuhasanah. 2019. Faktor yang mempengaruhi kompetensi nelayan di Teluk Banten: menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Marine Fisheries 10(1): 33-44.

Pradana, D., Hudayah, S., dan Rahmawati, R. 2018. Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek brand image terhadap keputusan pembelian motor. Jurnal Kinerja 14(1): 16–23.

Priharsari, D. 2020. Pengolahan SEM Covariance-Based dengan modul lavaan pada penelitian sistem informasi. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi, dan Edukasi Sistem Informasi 1(1): 46–56.

Purba, J. H. V, dan Sipayung, T. 2017. Perkebunan kelapa sawit Indonesia dalam perspektif pembangunan berkelanjutan. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia 43(1): 81–94.

Rachmawati, R. 2018. Model struktural hubungan budaya organisasi, kompetensi pengguna, pengendalian internal dan kualitas informasi akuntansi pemerintah daerah. Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen 8(1): 136

Raranta, A.A., Worang, F.G., Ogi, I.W.J. 2021. Analisis faktor-faktor ekuitas merek mobil Agya terhadap keputusan pembelian pada Toyota Agya Club di Kota Manado. Jurnal EMBA 9(1): 964-973.

Riduansyah, M., Suharyono., Arifin, Z. 2016. Pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek, dan kesan kualitas terhadap keputusan pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 41(1): 163-169.

Sitio, V.S.S. 2021. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja karyawan PT Bank Panin Dubai Syariah, TBK Jabodetabek selama masa pandemic covid-19. Jurnal Ilmiah M-Progress 11(2): 125-135

Sugiono, E., Efendi, S., & Al-Afgani, J. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja, Kompetensi, Dan Kompensiasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja PT. Wibee Indoedu Nusantara (Pustaka Lebah) Di Jakarta. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 718-734.

Tingkir, C. F. 2014. Pengaruh identitas merek terhadap loyalitas merek melalui citra merek dan kepercayaan Merek Toyota. Jurnal Manajemen Pemasaran 8(2): 62–69.

Top Brand Awards. 2021. Top Brand Index Minyak Goreng Kemasan 2021. https://www.topbrand-award.com/wp-content/uploads/2019/05/. Diakses pada: 28 Mei 2022

Wiranti, Sriatmi, A., dan Kusumastuti, W. 2020. Determinan kepatuhan masyarakat Kota Depok terhadap kebijakan pembatasan sosial berskala besar dalam pencegahan COVID-19. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia 9(3): 117–124.

Yunianto, D. 2021. Analisis pertumbuhan dan kepadatan penduduk terhadap pertumbuhan ekonomi. Jurnal FEB Unmul 23 (4): 687-698.

Santoso, B.H. 2005. Analisis ekuitas merek dari kategori produk minyak goreng Bimoli pada kelompok usaha indofood. Ekuitas 9(4): 517-544.

Sari, S., Syamsuddin, S., dan Syahrul, S. 2021. Analisis Brand awareness dan pengaruhnya terhadap buying decision Mobil Toyota Calya di Makassar. Journal of Business Administration (JBA) 1(1): 37–48.

Sundari, Y., Harisudin, M., Agustono. Analisis faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian minyak goreng bimoli di pasar swalayan Kabupaten Wonogiri. Jurnal SEPA 15(1): 39-49.

Sutriati, Kartikowati, S., Riadi, R. M. 2018. Pengaruh pendapatan dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa jurusan pendidikan pengetahuan sosial FKIP Universitas Riau. JOM FKIP 5(1): 1-10.

Ukkas, I. 2017. Faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja industri kecilkota palopo. Journal of Islamic Education Management 2(2): 187-198

Widjaja, M., Wijaya, S., dan Jokom, R. 2007. Analisis penilaian konsumen terhadap ekuitas merek coffee shops di Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan 3(2): 89–101.

Winatapradja, N. 2013. Ekuitas merek pengaruhnya terhadap keputusan pembelian produk Donat J.Co Donuts dan Coffee di Manado Town Square. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan 1(3): 958–969.

Yusup, F. 2018. Uji validitas dan reabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan 7(1): 17–23.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/mja.v6i1.2480

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<

SUB MENU

     

      

Pengunjung :

Status Pengunjung Jurnal

PROGRAM STUDI AGRIBISNIS, FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GARUT
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jurnalmahatani@uniga.ac.id

ISSN/EISSN :                                UNDUH TEMPLATE :                   KERJA SAMA :

                          

Terindex Oleh :

            

     JournalStories Main logo   

Didukung Oleh :

Alat yang disarankan:

    

Copyright © journal.uniga.ac.id 2018 | Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.