Analisis Peran Penyuluh Pertanian Sebagai Fasilitator di Kabupaten Sukabumi

Suci Nur Illahi, Ema Hilma Meilani, Neneng Kartika Rini

Abstrak


Penyuluh selaku fasilitator yang selalu memberi solusi /kemudahan- kemudahan, baik dalam menyuluh/ proses belajar- mengajar, ataupun sarana untuk mengembangkan usahatani. Dalam kegiatan menyuluh penyuluh memfasilitasi  petani dalam : kemitraan usaha, akses ke pasar, permodalan dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan yaitu  mengetahui peran penyuluh pertanian selaku fasilitator di Kabupaten Sukabumi. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan  penyuluh pertanian berperan penting dalam memfasilitasi petani pada saat dilaksanakan penyuluhan pertania di lapangan. Adapun  peran penyuluh  bisa dilihat dari cara  penyuluh dalam memfasilitasi petani untuk memperoleh saprotan, permodalan, pelatihan, melakukan kerjasama dengan dinas pertanian, bermitra dengan kelompok tani lainnya serta memberikan informasi terkait pemasaran pupuk dan informasi  penggunaan pestisida yang tepat.


Kata Kunci


penyuluh pertanian, fasilitator, kelompok tani

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BM, S.P. (2016) Peran Penyuluh Pertanian Dalam Pengembangan Kelompok Tani Padi Sawah di Desa Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu. Universitas Pasir Pangaraian .

Budi, S. (2018) Penyuluhan Pertanian Teori dan Penerapannya. C.V. Sefa Bumi Persada-Aceh. ISSBN 978-602-6960-90-0.

BPTP MALUKU, (2019), Peran Penyuluh Pertanian Lapangan Terhadap Pembangunan Pertanian. Jln. Chr Soplanit. Rumah Tiga-Ambon.http//:maluku.litbang.pertanian.go.id

Marbun, D.N. V.D., Satmoko, S. and Gayatri, S. (2019) Peran Penyuluh Pertanian dalam Pengembangan Kelompok Tani Tanaman Hortikultura di Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli, Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis.

Mardikanto. T. (2009), Sistem Penyuluhan di Indonesia. Sebelas Maret University Press. Surakarta.

Ningsih, N.K.S. dan D.S. (2018) Peran Penyuluh Pertanian Dalam Pemberdayaan Kelompok Tani ( Studi Kasus Kelompok Tani Subur Di Desa Karang Agung Kabupaten Bulungan ), Jurnal Borneo Humaniora.

Sholikhah, A. (1970) Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif, KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi.

Warnaen, A. (2021) Sistem penyuluhan pertanian. C.V. Tohar Media. Jl. Rappocini Lr 11 No 13 Makassar. ISBN 978-623-7485-96-4.

Wibowo, H.S., SUTJIPTA, N. and WINDIA, I.W. (2018) ‘Peranan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) sebagai Fasilitator dalam Penggunaan Metode Belajar Pendidikan Orang Dewasa (Andragogi) (Kasus di Gapoktan Madani, Desa Sampalan Klod, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali), Jurnal Agribisnis dan Agrowisata (Journal of Agribusiness and Agritourism),




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/mja.v6i1.2451

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<

SUB MENU

     

      

Pengunjung :

Status Pengunjung Jurnal

PROGRAM STUDI AGRIBISNIS, FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GARUT
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jurnalmahatani@uniga.ac.id

ISSN/EISSN :                                UNDUH TEMPLATE :                   KERJA SAMA :

                          

Terindex Oleh :

            

     JournalStories Main logo   

Didukung Oleh :

Alat yang disarankan:

    

Copyright © journal.uniga.ac.id 2018 | Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.