PENGENDALIAN PERSEDIAAN BUAH SEGAR PADA RITEL MODERN

Nur Sophia Sandora, Endang Triastutiningsih, Ashrul Tsani

Abstrak


Pengendalian persediaan merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan perusahaan ritel modern dalam menjaga ketersediaan produknya secara kontinyu. Pengendalian persediaan buah segar pada ritel modern menjadi penting karena mengingat karakteristik buah yang mudah rusak dan memiliki masa simpan optimal yang sebentar. Studi ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengendalian persediaan buah segar pada ritel modern dengan menggunakan metode studi literatur dari berbagai data sekunder yang relevan. Hasil dari studi ini menunjukan bahwa pentingnya suatu ritel modern memahami sistem pengendalian persediaan buah segar adalah untuk mengambil keputusan yang tepat guna mengoptimalkan ketersediaan produk. Adapun model pengendalian persediaan yang dapat digunakan dalam persediaan buah segar yaitu model Economic Order Quantity (EOQ), Single Period Model dan Periodic Review System. Selain untuk mengoptimalkan kuantitas persediaan, penerapan model-model tersebut juga dapat meminimalkan biaya persediaan yang dikeluarkan perusahaan.


Kata Kunci


Ritel Modern, Buah Segar, Pengendalian Persediaan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Assauri, S. (2016). Manajemen Operasi Produksi Pencapaian Sasaran Organisasi Berkesinambungan (Ketiga). Rajawali Pers.

Bahruzen, M., D, D. K., & Nugraha, P. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pembelian Ulang Konsumen Pada Toko Ritel. Jurnal Perspektif Bisnis, 3(1), 33–43.

Chaniago, H., Mulyawan, I., Suhaeni, T., & Jumiyani, R. (2019). Faktor Kunci Keberhasilan Ritel Modern Di Indonesia. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 7(2), 201–208.

Chentya. (2017). Implementasi Pengendalian Sediaan Roti dengan Menggunakan Newsboy Problem pada Bakery X di Surabaya. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6(2), 1348–1358.

Firmansyah, K. R. (2019). Period Inventory Pada Bl Bakery Di Surabaya. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 8(1), 711–719.

Haming, M., & Nurnajamuddin, M. (2012). Manajemen Produksi Modern (A. Novianty (ed.); Kedua). Bumi Aksara.

Helmi, S., & Syah, L. Y. (2019). Perubahan Perilaku Konsumen Dalam Berbelanja Dari Ritel Tradisional Ke Ritel Modern ( Studi Kasus Pada Ibu Rumah Tangga Di Kota Palembang ) 62. 2(1), 1–10.

Ihwanudin, N., & Beladiena, A. N. (2020). Filosofi Bisnis Ritel Modern Dalam Perekonomian Islam Di Indonesia. 05, 35–52.

Damayanti, V., & Fajar, M. Y. (2021). Penentuan Kuantitas Produksi Kue Brownies yang Optimal pada Model Persediaan Periode Tunggal. Jurnal Riset Matematika, 1(1), 30–36.

Evitha, Y., & Ma, F. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Economic Order Quantity ( EOQ ) Terhadap Pengendalian Persediaan Bahan Baku Produksi di PT . Omron Manufacturing Of Indonesia. 3(2), 88–100.

Firmansyah, K. R. (2019). Period Inventory Pada Bl Bakery Di Surabaya. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 8(1), 711–719.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/mja.v6i1.2414

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel lebih banyak<<<

SUB MENU

     

      

Pengunjung :

Status Pengunjung Jurnal

PROGRAM STUDI AGRIBISNIS, FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GARUT
Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jurnalmahatani@uniga.ac.id

ISSN/EISSN :                                UNDUH TEMPLATE :                   KERJA SAMA :

                          

Terindex Oleh :

            

     JournalStories Main logo   

Didukung Oleh :

Alat yang disarankan:

    

Copyright © journal.uniga.ac.id 2018 | Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.