PENDIRIAN UNIT BISNIS BARU TOMATOES CHEESE MILK DI CV SOEBI AGRIKULTURA INDONESIA KABUPATEN BANDUNG BARAT

Penulis

  • Doni Sahat Tua Manalu Institut Pertanian Bogor
  • Salsabila Shafa Maura Institut Pertanian Bogor

DOI:

https://doi.org/10.52434/mja.v4i2.1442

Kata Kunci:

CV Soebi Agrikultura Indonesia, strategi pengembangan bisnis, tomat beef

Abstrak

Indonesia dikenal sebagai negara agraris yang memiliki potensial cukup besar di bidang pertanian. Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki beranekaragam tanaman hortikultura yang memberikan peranan penting dalam mendukung kegiatan bisnis pertanian. Penelitian dilaksanakan di CV Soebi Agrikultura Indonesia Kabupaten Bandung Barat bertujuan untuk 1) merumuskan ide pemikiran guna pengembangan unit bisnis baru pada CV Soebi Agrikultura Indonesia berdasarkan analisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal, 2) menyusun strategi pengembangan unit bisnis baru pada CV Soebi Agrikultura Indonesia, 3) menyusun kajian perencanaan pengembangan unit bisnis baru pada CV Soebi Agrikultura Indonesia baik secara non finansial maupun finansial. Berdasarkan hasil analisis, strategi pengembangan usaha yang diperoleh melalui identifikasi lingkungan internal dan lingkungan eksternal yaitu mendirikan bisnis baru yang dapat meningkatkan nilai jual. Hasil dari analisis SWOT diperoleh strategi yang dapat dijalankan oleh perusahaan yaitu membuat produk olahan dengan bahan dasar berupa komoditas tomat beef yang tidak layak diperjualbelikan dalam rangka mengoptimalkan pemanfaatan limbah yang ada dan pemanfaatan limbah komoditas sayuran lettuce dengan cara diolah menjadi pupuk organik.

PENDIRIAN UNIT BISNIS BARU TOMATOES CHEESE MILK DI CV SOEBI AGRIKULTURA INDONESIA KABUPATEN

BANDUNG BARAT

Referensi

[BPS]. Badan Pusat Statistik. 2021. Tingkat Pengangguran Terbuka Menurut Provinsi (Persen), 2020-2021. [Internet]. [diakses 10 Mei 2021]. Tersedia pada : www.bps.go.id.

[Distani] Dinas Pertanian. 2019. Perkembangan Produksi Komoditi Hortikultura 2015-2019. Kabupaten Bandung (ID) : Distani.

David, F R. 2009. Manajemen Strategis, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta, PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Hitt M., Ireland R. 2001. Manajemen Strategis Edisi Daya Saing Globalisasi. Jilid 1 &. Jakarta (ID): Salemba Empat.

Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia : Teori dan Praktik. Jakarta (ID): Rajawali Pers.

Kotler P, Keller KL. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Maulana A, Hardani W, editor. Penerbit Erlangga.

Nurmalina R, Sarianti T, Karyadi A. 2018. Studi kelayakan bisnis. Bogor (ID): PT Penerbit IPB Press.

Rangkuti F. 2014. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta (ID): PT. Gramedia Pustaka Utama.

Solihin Ismail. 2012. Manajemen Strategik. Jakarta (ID): PT. Gelora Aksara Pratama.

Waluyo K. 2011. Kiat Sukses Beragrobisnis Tomat. Edisi II. Bandung: Epsilon Group.

Zulkarnain. 2009. Dasar-dasar hortikultura. Jakarta (ID): PT. Bumi Aksara.

Unduhan

File Tambahan

Diterbitkan

2022-01-01

Terbitan

Bagian

MAHATANI: Jurnal Agribisnis (Agribusiness And Agricultural Economics Journal)