Pelatihan Guru dalam Implementasi Pendidikan Inklusif di Madrasah Ibtidaiyyah AT- Tarbiyah dan At Thohiriyah
Abstrak
Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menerapkan pendidikan inklusif di Madrasah Ibtidaiyah Al-Thahiriyah dan At-Tarbiyah, khususnya dalam memenuhi kebutuhan siswa berkesulitan belajar seperti anak lambat belajar. Banyak sekolah dasar dan madrasah belum menerapkan strategi pembelajaran terdiferensiasi secara efektif karena terbatasnya pelatihan dan kesadaran guru. Oleh karena itu, program ini melibatkan 30 guru dan dirancang untuk memberikan pengetahuan teoretis dan pengalaman praktis dalam pendidikan inklusif melalui sesi pelatihan, lokakarya, dan pendampingan langsung di kelas. Evaluasi menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif, termasuk pra-tes, pasca-tes, observasi kelas, refleksi guru, dan wawancara siswa. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas peserta sangat puas dengan pelatihan, menunjukkan peningkatan pemahaman dan kompetensi mengajar, serta merasa lebih percaya diri dalam menerapkan praktik pengajaran inklusif. Lebih lanjut, program ini berdampak positif pada manajemen sekolah dan berkontribusi dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih adaptif dan suportif. Meskipun beberapa guru masih menghadapi tantangan dalam menerapkan strategi tersebut, program ini secara umum dianggap efektif dan relevan dengan kebutuhan madrasah. Diharapkan inisiatif serupa dapat direplikasi dan diperluas untuk mendorong pendidikan yang adil, inklusif, dan berkualitas di seluruh Indonesia.


