IMPLEMENTASI PENDIDIKAN STEAM SEBAGAI INTRAKURIKULER DI SEKOLAH MENENGAH

Authors

  • Andinisa Rahmaniar (Scopus ID: 57217911755), Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpm.v4i1.42275

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan implementasi Pendidikan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) di tingkat sekolah menengah. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memperluas pemahaman guru dan siswa mengenai konsep serta penerapan STEAM dalam proses pembelajaran. Kegiatan ini mencakup pemaparan materi, diskusi kelompok, serta tugas pembuatan project plan yang melibatkan isu-isu lingkungan sebagai konteks pembelajaran. Sebelum kegiatan dilaksanakan, dilakukan survei untuk mengukur pemahaman awal guru dan siswa mengenai Pendidikan STEAM. Hasil survei menunjukkan bahwa mayoritas peserta, baik guru maupun siswa, memiliki pemahaman yang baik tentang konsep STEAM dan mengakui manfaatnya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Meskipun terdapat tantangan terkait dukungan administrasi, fasilitas, dan waktu persiapan, mayoritas peserta merasa puas dengan kegiatan ini, yang berhasil membantu mereka dalam mengimplementasikan Pendidikan STEAM secara efektif. Kegiatan ini berhasil memenuhi kebutuhan peserta dan memberikan wawasan baru tentang pentingnya integrasi disiplin ilmu dalam pembelajaran yang lebih kontekstual dan interaktif.

Author Biography

Andinisa Rahmaniar, (Scopus ID: 57217911755), Universitas Garut

Scopus ID: 57217911755 Orcid ID: 0000-0002-7193-3014

Published

2025-03-25