Strategi Pembelajaran Literasi dan Numerasi di SDN 2 Sukasenang
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpm.v2i1.2483Kata Kunci:
Kata kunci, strategi, literasi, numerasi, Contextual LearningAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Contextual Learning dan untuk meningkatkan hasil belajar literasi dan numerasi. Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 2 Sukasenang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual.Pembelajaran dan pengajaran kontekstual adalah sistem pembelajaran yang dituju berdasarkan pemahaman pemerolehan diperoleh dari hasil konten dan konteks yang dihasilkan, konsep dalam pembelajaran kontekstual yaitu konsep pembelajaran yang membantu guru menghubungkan materi pembelajaran dengan situasi nyata. Metode yang digunakan guru dalam menyampaikan materi yaitu Ceramah, penugasan, diskusi,dan bermain peran. Strategi yang digunakan dalam pembelajaran guru menyesuaikan dengan materi pelajaran. Dalam pembelajaran strategi yang digunakan guru tentunya sangatlah penting dalam proses pembelajaran, guru mampu mengkondisikan siswa agar kondusif dalam proses pembelajaran, selain itu juga guru senantiasa membawa suasana kelas yang menyenangkan agar tujuan pembelajaran yang direncanakan tercapai. Literasi dan numerasi adalah pengetahuan paling dasar dalam dunia pendidikan yang harus dikuasai oleh seseorang individu sejak usia dini, terutama saat menempuh pendidikan sekolah dasar (Putri, 2022) Menurut penelitian Andreas (2018) bahwasanya kemampuan literasi dan numerasi peserat didik masih tergolong rendah. Hal ini didasari dari data studi Programme for International Student Assessment (PISA)pada tahun 2018 dari 79 Negara yang dijadikan objek kajian bahwasanya kemampuan siswa Indonesia dalam kategori membaca berada pada tingkat 74, Kemampuan matematika pada tingkat 73 dan kinerja sains siswa Indonesia pada tingkat 71. Akan tetapi kemampuan literasi dan numerasi ini merupakan kemampuan dasar.Referensi
http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/121/99
https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3742/pdf
https://wartaguru.id/4-kendala-guru-yang-sering-dihadapi-dan-cara-mengatasinya/
Fatonah, N. (2018). KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA DINI: Studi Kasus
Pada Orang tua Anak Usia Dini (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Fatonah, N. (2022). Peran Orangtua Dalam Literasi Anak. Cahaya Smart Nusantara.
Fatonah, N. (2020, August). Parental Involvement in Early Childhood Literacy Development. In International Conference on Early Childhood Education and Parenting 2019 (ECEP 2019) (pp. 193-198). Atlantis Press.
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
2023-03-24
Terbitan
Bagian
Artikel