Strategi Pembelajaran Literasi dan Numerasi di SDN 2 Sukasenang

Dini Tardiani Tardiani

Abstrak


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Contextual Learning dan untuk meningkatkan hasil belajar literasi dan numerasi. Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 2 Sukasenang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual.Pembelajaran dan pengajaran kontekstual adalah sistem pembelajaran yang dituju berdasarkan pemahaman pemerolehan diperoleh dari hasil konten dan konteks yang dihasilkan, konsep dalam pembelajaran kontekstual yaitu konsep pembelajaran yang membantu guru menghubungkan materi pembelajaran dengan situasi nyata. Metode yang digunakan guru dalam menyampaikan materi yaitu Ceramah, penugasan, diskusi,dan bermain peran. Strategi yang digunakan dalam pembelajaran guru menyesuaikan dengan materi pelajaran. Dalam pembelajaran strategi yang digunakan guru tentunya sangatlah penting dalam proses pembelajaran, guru mampu mengkondisikan siswa agar kondusif dalam proses pembelajaran, selain itu juga guru senantiasa membawa suasana kelas yang menyenangkan agar tujuan pembelajaran yang direncanakan tercapai. Literasi dan numerasi adalah pengetahuan paling dasar dalam dunia pendidikan yang harus dikuasai oleh seseorang individu sejak usia dini, terutama saat menempuh pendidikan sekolah dasar (Putri, 2022) Menurut penelitian Andreas (2018) bahwasanya kemampuan literasi dan numerasi peserat didik masih tergolong rendah. Hal ini didasari dari data studi Programme for International Student Assessment (PISA)pada tahun 2018 dari 79 Negara yang dijadikan objek kajian bahwasanya kemampuan siswa Indonesia dalam kategori membaca berada pada tingkat 74, Kemampuan matematika pada tingkat 73 dan kinerja sains siswa Indonesia pada tingkat 71. Akan tetapi kemampuan literasi dan numerasi ini merupakan kemampuan dasar.

Kata Kunci


Kata kunci : strategi , literasi, numerasi, Contextual Learning

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/121/99

https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3742/pdf

https://wartaguru.id/4-kendala-guru-yang-sering-dihadapi-dan-cara-mengatasinya/

Fatonah, N. (2018). KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA DINI: Studi Kasus

Pada Orang tua Anak Usia Dini (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Fatonah, N. (2022). Peran Orangtua Dalam Literasi Anak. Cahaya Smart Nusantara.

Fatonah, N. (2020, August). Parental Involvement in Early Childhood Literacy Development. In International Conference on Early Childhood Education and Parenting 2019 (ECEP 2019) (pp. 193-198). Atlantis Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpm.v2i1.2483

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISITOR:

View My Stats

INDEXING :

   

FAKULTAS PENDIDIKAN ISLAM DAN KEGURUAN UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151 (0262) 544-214
Email : jurnalmahatani@uniga.ac.id

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.