In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka di Komite Pembelajaran sebagai Komunitas Praktisi Sekolah Penggerak

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpm.v2i1.2481

Kata Kunci:

IHT, IKM, Komunitas Praktisi, Kurikulum Merdeka

Abstrak

Kurikulum merdeka saat ini menjadi salah satu upaya pemerintah dalam mempercepat proses transformasi pendidikan di Indonesia ke arah yang lebih baik. Dalam implementasinya tentu perlu dipahami oleh guru sebagai pemeran utama pelaksana kurikulum. Artikel pengabdian ini memaparkan hasil pelaksanaan In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di Komite Pembelajaran yang ada pada empat sekolah penggerak di Kabupaten Garut. Keempat sekolah penggerak ini merupakan satuan pendidikan pelaksana IKM pada Program Sekolah Penggerak angkatan pertama. Pelaksanaan melalui empat tahap yakni: 1) pemberian materi melalui pelatihan dan workshop, 2) pendampingan penyusunan perangkat ajar, 3) implementasi perangkat ajar yang telah disusun, dan 4) refleksi kegiatan. Refleksi kegiatan dilakukan dengan mengisi instrumen refleksi. Hasil refleksi menunjukkah bahwa sebagian besar guru mengalami kendala keterbatasan waktu dalam menyusun perangkat ajar. Tiga topik terbanyak yang dianggap paling menantang diantaranya terkait penyusunan visi misi dan program sekolah, penyusunan Kurikulum Operasional Sekolah, dan penyusunan modul ajar.

Biografi Penulis

Asep Irvan Irvani, Universitas Garut

Dosen di Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, UNIVERSITAS GARUT.

Referensi

Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis).

Hastati, W., Harjatanaya, T.Y., Kristiani, A.D., Herutami, I., & Andiarti, A. (2022). Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan. Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi [Online] tersedia: https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Panduan-Pengembangan-Kurikulum-Operasional-di-Satuan-Pendidikan.pdf diakses tanggal 18 Februari 2023

Irawati, D., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai Landasan Pendidikan Vokasi di Era Kurikulum Merdeka. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4).

Kemdikbudristek. (2022). Program Sekolah Penggerak. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. [Online] tersedia: https://psp-web.pauddikdasmen.kemdikbud.go.id/ diakses tanggal 18 Februari 2023

Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan Pembelajaran Bermakna Dan Asesmen Kurikulum Merdeka. JURNAL PEDAGOGY, 15(1), 75-94.

Rahimah, R. (2022). Peningkatan kemampuan guru SMP negeri 10 kota tebingtinggi dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka melalui kegiatan pendampingan tahun ajaran 2021/2022. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6(1), 92-106.

File Tambahan

Diterbitkan

2023-03-24