Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah Dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Darunnajah Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut
DOI:
https://doi.org/10.52434/jp.v14i1.906Abstract
Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan kompetensi guru terhadap kinerja guru MTs Darunnajah Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan teknik survey, wawancara, observasi dan studi dukumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Adapun populasi dan sekaligus menjadi responden dalam penelitian ini adalah seluruh guru mata pelajaran MTs. Darunnajah Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut sebanyak 42 orang, karena tidak dilakukan pengambilan sampel. Hasil pengujian hipotesis utama dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah (X1) dan kompetensi guru (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru (Y). Artikel ini memiliki kesimpulan bahwa untuk meningkatkan kinerja guru secara maksimal dapat dilakukan dengan meningkatkan kompetensi guru dan melaksanakan fungsi kepemimpinan kepala madrasah dengan optimal.References
Al-Qur’anul Karim dan Terjemahan
Al-Thabrani. (t.th). Mu'jam al-Ausath. Mauqi' al-Islam, Maktabah al-Syamilah.
Al-Zarnuji, Burhanuddin. Ta’lim al-Muta’allim, Maktabah Syafi’i: Surabaya.
Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Az-Zuhaili, W. (2013). Tafsir Al-Wasith. Jakarta : Gema Insani.
Baraja, Umar. Al-Akhlak Lil-banin. Juz I, Maktabah Muhammad bin Ahmad Nabhan: Surabaya.
Dimyati, D. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Encu, A. (2014). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Madrasah. Bandung: Pustaka Billah.
Fathurrohman, P., & Suryana, A. (2012). Guru Profesional. Bandung: PT Refika Aditama.
Gunawan, H. (2012). Kurikulum Dan Pembelajaran Pedidikan Agama Islam . Bandung: Alfabeta.
Hartinah, S. (2009). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama.
Hasibuan, M. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Husein, L. (2017). Profesi Keguruan Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: PT Pustaka Baru Press.
Iskandar, J. (2016). Metoda Penelitian Sosial. Bandung: Puspaga Bandung.
Iskandar, J. (2017). Perilaku Manusia Dalam Kelompok dan Organisasi. Bandung: Puspaga.
Jalaluddin Rahmat. (2015). Psikologi Komunikasi . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Junaidi, N. (2015). Tafsir Jalalain . Surabaya: PT Elba Fitrah Mandiri Sejahtera
Kurniadin, D., & Machali, I. (2016). Manajemen Pendidikan (Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan). Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Marno, & Supriyatno, T. (2008). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: PT Refika Aditama.
Mulyasa, E. (2013). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2015). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Madrasah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mustahidah, A. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Manajemen Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Garut: Uniga.
Nawawi, I. (2011). Riyadhus Shalihin. Depok: Senja Publishing.
Priansa, D. J. (2014). Kinerja dan profesionalisme Guru. Bandung: CV Alfabeta.
Rahmat, A. (2013). Manajemen Pendidikan Islam. Gorontalo: Ideas Publishing.
Rusyan, T., & Wasmin. (2008). Etos Kerja (Dalam Meningkatkan Produktivitas Kinerja Guru). Jakarta: PT Intimedia Ciptanusantara.
Saefullah. (2014). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: PT Pustaka setia.
Sagala, S. (2013). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Alfa Beta.
Sahil, A. (2007). Indeks Al-Quran. Bandung : Mizan.
Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Supardi. (2014). Kinerja Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Surya, M. (2014). Psikologi Guru, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Syah, M. (2013). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tafsir, A. (2014). Ilmu Pendidikan Dalam Pespektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Triwiyanto, T. (2015). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran . Jakarta : PT Bumi Aksara.
Wahyudi. (2012). Kemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Bandung: Alfabeta.
Walgito, B. (2010). Psikologi Kelompok. Yogyakarta: Andi.
Yamin, M. (2007). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.