PERAN PESANTREN DALAM UPAYA PENGEMBANGAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (MSDM) ENTREPRENEURSHIP (Penelitian Kualitatif di Pondok Pesantren Al-Ittifaq Rancabali Bandung)

Penulis

  • Yusni Fauzi

DOI:

https://doi.org/10.52434/jp.v6i1.44

Abstrak

Peran pesantren telah lama diakui oleh masyarakat, mampu mencetak kader-kader handal yang tidak hanya dikenal potensial, akan tetapi mereka telah mampu mereproduksi potensi yang dimiliki menjadi sebuah keahlian. Di era global ini, kepiawaian, kultur dan peran pesantren itu harus menjadi lebih dimunculkan, atau dituntut untuk dilahirkan kembali. Pesantren mempunyai reputasi tersendiri sebagai lembaga yang bercirikan agama Islam. Pertama, sebagai lembaga pendidikan. Kedua, sebagai lembaga sosial kemasyarakatan berbasis nilai keagamaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran yang dilakukan Pesantren AlIttifaq Bandung dalam upaya pengembangan manajemen sumber daya manusia (MSDM) entrepreneurship. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi partisipan, wawancara mendalam, studi dokumentasi, studi kepustakaan dan triangulasi, dengan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Teknik analisis data dengan melakukan data reduction, data display, dan clonclution drawing/verification. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, Pesantren Al-Ittifaq Bandung mampu memfungsikan perannya dalam upaya pengembangan manajemen sumber daya manusia (MSDM), yang berperan dalam pengembangan santri dan masyarakatnya dalam membangun jiwa entrepreneurship sesuai dengan potensi sumber daya alam yang berada di lingkungan pesantren. Kata kunci : Peran, Pesantren, , Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), Entrepreneurshi

Diterbitkan

2017-02-20

Cara Mengutip

Fauzi, Y. (2017). PERAN PESANTREN DALAM UPAYA PENGEMBANGAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (MSDM) ENTREPRENEURSHIP (Penelitian Kualitatif di Pondok Pesantren Al-Ittifaq Rancabali Bandung). Jurnal Pendidikan UNIGA, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.52434/jp.v6i1.44

Terbitan

Bagian

Jurnal Pendidikan UNIGA