Persepsi Calon Guru Terhadap Pentingnya Aspek “Religion” Pada Pembelajaran IPA Berbasis Pendidikan STREAM

Authors

  • Andinisa Rahmaniar (Scopus ID: 57217911755), Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jpu.v18i1.4031

Abstract

Indonesia mengalami perubahan Kurikulum dari tahun 1984 dan 2022. Pada kurikulum yang terbaru yaitu Kurikulum Merdeka, pembelajaran ditekankan pada sikap, kognitif, dan keterampilan. Pembentukan karakter peserta didik diharapkan dapat terbentuk menjadi lebih baik. Pendidikan STREAM (Sains, Teknologi, Religion, Engineering, Art, Matematika) selaras dengan tujuan dan prinsip pembelajaran khususnya IPA pada Kurikulum Merdeka. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan persepsi calon guru terhadap pentingnya aspek Agama pada Pembelajaran IPA berbasis Pendidikan STREAM. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif dengan memberikan survey kepada 30 calon guru. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah guru memahami pembelajaran IPA berbasis Pendidikan STREAM walaupun belum sepenuhnya. Integrasi aspek agama dalam sains dianggap penting untuk pengembangan karakter dan moral siswa. Perencanaan pembelajaran terintegrasi ini memerlukan kolaborasi antar guru, serta bahan ajar dan penilaian harus sesuai dengan capaian pembelajaran dalam Kurikulum

Author Biography

Andinisa Rahmaniar, (Scopus ID: 57217911755), Universitas Garut

Scopus ID: 57217911755 Orcid ID: 0000-0002-7193-3014

Published

2024-06-30

How to Cite

Rahmaniar, A. (2024). Persepsi Calon Guru Terhadap Pentingnya Aspek “Religion” Pada Pembelajaran IPA Berbasis Pendidikan STREAM. Jurnal Pendidikan UNIGA, 18(1), 68–80. https://doi.org/10.52434/jpu.v18i1.4031

Issue

Section

Jurnal Pendidikan UNIGA