PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Penulis

  • Isma Nurhayani

DOI:

https://doi.org/10.52434/jp.v4i1.36

Abstrak

Permasalahan ini dilatar belakangi oleh fenomena kemampuan menyimak siswa SDN Cimurah I yang masih rendah atau masih belum memenuhi standar yang diinginkankan yaitu 65 sedangkan kriteria yang ditentukan adalah 75, hal ini dikarenakan pada saat pembelajaran menyimak berlangsung siswa lebih tertarik untuk mengobrol dengan teman sebangkunya dibandingkan dengan memperhatikan pembelajaran yang sedang disampaikan oleh guru. Tujuan skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui realita penggunanaan metode bercerita di SDN Cimurah I. (2) untuk mengetahui realita kemampuan menyimak siswa dengan penggunaan metode bercerita di SDN Cimurah I. (3) untuk mengetahui berapa besar pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa. Rumusan masalah skripsi ini adalah (1) Bagaimana realita penggunaan metode berceritadi SDN Cimurah I ? (2) Bagaimana realita kemampuan menyimak siswa dengan penggunaan metode bercerita di SDN Cimurah I ? (3)Berapa besar pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa ? Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif analisis yang dinyatakan dengan perbandingan antara data atau fakta yang ada di lapangan dengan landasan teori yang relevan. Berdsarkan pengujian thitung dan ttabel untuk mengetahui signifikansi variabel X terhadap variabel Y terbukti dengan thitung ≥ ttabel atau 4,02 ≥ 2,04, maka tolak Ho, dan Ha diterima artinya ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa sebesar 55%. Kata kunci : metode bercerita, kemampuan menyimak.

Diterbitkan

2017-02-20

Cara Mengutip

Nurhayani, I. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 54–59. https://doi.org/10.52434/jp.v4i1.36

Terbitan

Bagian

Jurnal Pendidikan UNIGA