PENGARUH PENERAPAN METODE DRILL/LATIHAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH ( Penelitian di MTS Attarbiyyah Bayongbong Garut)
DOI:
https://doi.org/10.52434/jp.v4i1.35Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realitas penerapan metode Drill/Latihan di MTS Attarbiyyah Bayongbong Garut, untuk mengetahui realitas minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTS Attarbiyyah Bayongbong Garut, dan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Metode Drill/ Latihan TerhadapMinat Belajar SiswaPada Mata Pelajaran Fiqh di MTS Attarbiyyah Bayongbong Garut Penelitian ini beranjak dari pemikiran bahwa minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqh dipengaruhi salah satunya dengan adanya penerapan metode drill/ latihan sehingga diharapkan dengan adanya penerapan metode drill/ latihan minat belajar siswa akan semakin baik dan meningkat, atas dasar itulah dirumuskan hipotesisnya: semakin positif penerapan metode drill/latihan, semakin tinggi minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis, sedangkan alat dan teknik pengumpulan datanya digunakan wawancara, observasi, angket,dan studi pustaka sedangkan data dari hasil angket dianalisa dengan pendekatan statistik. Hasil pengolahan data menunjukan bahwa dari uji perhitungan koefisien korelasi, dapat dipastikan terdapat hubungan antara variabel X (Penerapan Metode Drill/latihan) dengan variabel Y (Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih). Hal ini terbukti dengan diperolehnya hasil perhitungan sebesar 0,72, berada pada rentang 0,61-0,80 yang menunjukkan hubungan yang cukup tinggi. Dari perhitungan uji signifikansi yang meyakinkan, sebab thitung sebesar 5,63> dari ttabel 2,05. Ini berarti bahwa variabel X dengan variabel Y terdapat hubungan yang signifikan Sedangkan kadar pengaruh penerapan metode drill/latihan mencapai 31%, hal itu berarti masih ada 69% faktor lain yang mempengaruhi minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Fiqh di MTS At-Tarbiyyah Bayongbong Garut. Kata kunci : Metode, Drill/Latihan, Minat Belajar, Pelajaran FiqihUnduhan
Diterbitkan
2017-02-20
Cara Mengutip
Purwati, P. (2017). PENGARUH PENERAPAN METODE DRILL/LATIHAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH ( Penelitian di MTS Attarbiyyah Bayongbong Garut). Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 48–53. https://doi.org/10.52434/jp.v4i1.35
Terbitan
Bagian
Jurnal Pendidikan UNIGA