Analisis Dampak dan Manajemen Strategis dalam Rangka Penguatan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Universitas Islam Nusantara

Bambang Yasmadi

Abstrak


Uninus merupakan salah satu kampus di Jawa Barat yang sejak tahun 2020 menerapkan konsep MBKM sebagai implementasi dari Kermen No. 03 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Dalam rangka penguatan dan efektivitas pelaksanaan maka dilakukan survei secara sensus terhadap civitas academica Uninus secara online untuk menangkap tingkat pemahaman, pengetahuan dan dukungan serta minat implementasi MBKM serta menganalisa dampak MBKM terhadap dosen, tenaga pendidik dan mahasiswa. Disamping itu dilakukan FGD dan indepth interview untuk memetakan factor-faktor kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity) dan ancaman (treatch) dalam rangka mendapatkan posisi strategis terkini dan posisi ideal yang dikehendaki dimasa mendatang. Instrument Hasil Analisa SWOT dikombinasikan dengan Analitycal Hierarcy Process (AHP) menghasilkan langkah-langkah dan program strategis dimasa mendatang dalam rangka penguatan MBKM di Uninus. Hasil Analisa menunjukkan bahwa mayoritas civitas academica telah mengetahui, terlibat langsung dalam penyusunan kebijakan MBKM di Uninus. Namun demikian diperlukan penguatan melalui training terstruktur dan dukungan instrumen kebijakan, petunjuk teknis, pembenahan insfrastruktur serta dukungan finansial dalam rangka sustaibility-nya. Program strategis disusun dalam 10 issue pokok yaitu efektifitas manajemen internal, kompetensi SDM, layanan perkuliahan, penguatan infrastruktur fisik, dukungan finansial, kurikulum, kerjasama industri, riset dan pengabdian masyarakat, standar mutu serta kerjasama antar Lembaga. Seluruh issue pokok di atas diterjemahkan lebih lanjut dalam program strategis yang diimplementasikan dalam 3 tahap yaitu tahap fondasi (2021-2022), tahap pemantapan (2023-2024) dan tahap continuos growth (2025 dst).     

Kata Kunci: MBKM, Dampak, SWOT, AHP, program strategis


Teks Lengkap:

DOWNLOAD (PDF)

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Strivastava, Verma S, 2012, Strategic Management: Concepts, Skills, and Practices, PHI Private Learning Limited.

Saaty, Thomas L, 1993, Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin : Proses Hirarki Analitik untuk Pengambilan Keputusan dalam Situasi yang Kompleks, Terjemahan, Liana Setiono, Jakarta, Pustaka Binaman Pressindo.

Partowidagdo, Widjajono, Prof., Dr., “Mengenal Pembangunan dan Analisis Kebijakan”, Program Studi Pembangunan ITB, Jilid I, 2004.

Partowidagdo, Widjajono, Prof., Dr., “Manajemen dan Ekonomi Minyak dan Gas Bumi”, Program Studi Pembangunan ITB, Jilid I, 2002.

Blue Print Kemenristekdikti, 2020.

Jurnal:

Joesoef, J Rizal; Prasetio, Teguh; Sulistiyanti, 2002, Analisis Konflik Majikan-Buruh Dalam Kerangka Game Theory : Penerapan Analytic Hierarchy Process (AHP). Proceeding of INSHAP II, Surabaya.

Sulistiyanti, 2000, Penentuan Lokasi dengan Menerapkan Analytical Hierarchy Process (AHP), Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol. 1, No. 1, Juni.

Website:

www.Uninus.co.id

www.kemenristekdikti.go.id




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpu.v17i2.3218

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pendidikan UNIGA

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : journal.pendidikan@uniga.ac.id

Download Template :

 

Visitor

View My Stats

Indexed by:

         

Supported by:

  

Tools

   

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016 

|Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.