PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU PADA SEKOLAH PENGGERAK

Ariyanti Ariyanti Ariyanti

Abstrak


Pengembangan profesional guru bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Tanpa partisipasi aktif guru, pendidikan menjadi tidak berarti, materi, dan esensinya akan hilang. Secara khusus, jika ada tim guru inovatif yang dapat mendukung sistem yang baik, maka kualitas lembaga pendidikan akan meningkat. Apalagi jika guru tidak menguasai isi bahan ajar, rencana pembelajaran, dan profesional perlu mempunyai empat kemampuan, yaitu: pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan profesionalisme guru pada sekolah penggerak dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa pengembangan profesionalisme guru pada SDIT Anak Sholeh Mandiri terdiri 4 tahap yaitu: 1) Perencanaan dengan dilakukannya rapat kerja (raker) awal tahun ajaran baru, 2) pengengorganisasian dengan melalui dua tahap, yaitu: pengklasifikasian kegiatan dan pembagian tugas. 3) pelaksanaan yang dilakukan dalam bentuk kinerja bardasarkan program kerja, 4) pengawasan dalam bentuk penilaian dalam mengevaluasi kinerja oleh pimpinan sekolah dalam bentuk laporan lisan dan laporan tertulis.


Teks Lengkap:

DOWNLOAD (PDF)

Referensi


Agung, I. (2012). Menghasilkan Guru Kompeten & Profesional. Bee Media Indonesia.

Arifudin, Soleha, & Umami. (2021). Planning (Perencanaan) Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 1–5.

Djamereng, J. (2018). Teachers’ Role towards Students’ Achievement in English Debate Competition. ELITE Journal, 1, 81.

Effendi, U. (2014). Asas Manajemen. Rajawali Pers.

Fattah, N. (2006). Landasan Manajemen Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

H Hani, T. (2001). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE.

Hajar Al-‘Asqolãnî, I., & Bãrî Syarhu, F. (1997). Shahih Al-Bukhãrî (1 ed.). Dar-al Kutub al Ilmiyah.

Kementrian Agama Republik Indonesia. (2011). Kementrian Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Tafsirnya, Jilid 2. Widya Cahaya.

Kosim, N., & Syah, L. (2016). Potensi Dasar Manusia Menurut Ibnu Taimiyah dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 1(3), 65.

Nadeak, B. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Era Industri 4.0. Uki Press.

R. Terry, G., & W.R, L. (2020). Dasar – Dasar Manajemen. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpu.v17i2.2717

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pendidikan UNIGA

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : journal.pendidikan@uniga.ac.id

Download Template :

 

Visitor

View My Stats

Indexed by:

         

Supported by:

  

Tools

   

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016 

|Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.