Pengembangan Profesionalisme Guru Pada Sekolah Penggerak
DOI:
https://doi.org/10.52434/jpu.v17i2.2717Abstrak
Pengembangan profesional guru bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Tanpa partisipasi aktif guru, pendidikan menjadi tidak berarti, materi, dan esensinya akan hilang. Secara khusus, jika ada tim guru inovatif yang dapat mendukung sistem yang baik, maka kualitas lembaga pendidikan akan meningkat. Apalagi jika guru tidak menguasai isi bahan ajar, rencana pembelajaran, dan profesional perlu mempunyai empat kemampuan, yaitu: pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan profesionalisme guru pada sekolah penggerak dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa pengembangan profesionalisme guru pada SDIT Anak Sholeh Mandiri terdiri 4 tahap yaitu: 1) Perencanaan dengan dilakukannya rapat kerja (raker) awal tahun ajaran baru, 2) pengengorganisasian dengan melalui dua tahap, yaitu: pengklasifikasian kegiatan dan pembagian tugas. 3) pelaksanaan yang dilakukan dalam bentuk kinerja bardasarkan program kerja, 4) pengawasan dalam bentuk penilaian dalam mengevaluasi kinerja oleh pimpinan sekolah dalam bentuk laporan lisan dan laporan tertulis.