PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU PADA SEKOLAH PENGGERAK
Abstrak
Pengembangan profesional guru bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Tanpa partisipasi aktif guru, pendidikan menjadi tidak berarti, materi, dan esensinya akan hilang. Secara khusus, jika ada tim guru inovatif yang dapat mendukung sistem yang baik, maka kualitas lembaga pendidikan akan meningkat. Apalagi jika guru tidak menguasai isi bahan ajar, rencana pembelajaran, dan profesional perlu mempunyai empat kemampuan, yaitu: pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan profesionalisme guru pada sekolah penggerak dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa pengembangan profesionalisme guru pada SDIT Anak Sholeh Mandiri terdiri 4 tahap yaitu: 1) Perencanaan dengan dilakukannya rapat kerja (raker) awal tahun ajaran baru, 2) pengengorganisasian dengan melalui dua tahap, yaitu: pengklasifikasian kegiatan dan pembagian tugas. 3) pelaksanaan yang dilakukan dalam bentuk kinerja bardasarkan program kerja, 4) pengawasan dalam bentuk penilaian dalam mengevaluasi kinerja oleh pimpinan sekolah dalam bentuk laporan lisan dan laporan tertulis.
Teks Lengkap:
DOWNLOAD (PDF)Referensi
Agung, I. (2012). Menghasilkan Guru Kompeten & Profesional. Bee Media Indonesia.
Arifudin, Soleha, & Umami. (2021). Planning (Perencanaan) Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 1–5.
Djamereng, J. (2018). Teachers’ Role towards Students’ Achievement in English Debate Competition. ELITE Journal, 1, 81.
Effendi, U. (2014). Asas Manajemen. Rajawali Pers.
Fattah, N. (2006). Landasan Manajemen Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
H Hani, T. (2001). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE.
Hajar Al-‘Asqolãnî, I., & Bãrî Syarhu, F. (1997). Shahih Al-Bukhãrî (1 ed.). Dar-al Kutub al Ilmiyah.
Kementrian Agama Republik Indonesia. (2011). Kementrian Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Tafsirnya, Jilid 2. Widya Cahaya.
Kosim, N., & Syah, L. (2016). Potensi Dasar Manusia Menurut Ibnu Taimiyah dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 1(3), 65.
Nadeak, B. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Era Industri 4.0. Uki Press.
R. Terry, G., & W.R, L. (2020). Dasar – Dasar Manajemen. Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpu.v17i2.2717
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Pendidikan UNIGA
Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut
Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151
Email : journal.pendidikan@uniga.ac.id
Download Template :
Visitor
Indexed by:
Supported by:
Tools
Copyright © journal.uniga.ac.id 2016
| This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.