Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS) Materi Kebutuhan

Safitri Oktavia

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi implementasi model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), khususnya materi kebutuhan. Metode PBL merupakan pendekatan yang berpusat pada siswa dan melibatkan siswa secara aktif dalam pemecahan masalah nyata yang relevan dengan kebutuhan manusia. Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas IV sebagai subjek penelitian.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Model PBL diterapkan dalam pembelajaran IPAS selama beberapa pertemuan. Selama proses pembelajaran, siswa diberikan masalah atau tantangan yang terkait dengan kebutuhan manusia. Mereka kemudian bekerja dalam kelompok kecil untuk menganalisis masalah, mencari informasi, berbagi ide, dan merumuskan solusi. Selama implementasi, data hasil belajar peserta didik dikumpulkan melalui tes, observasi, dan wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model PBL secara signifikan meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV dalam mata pelajaran IPAS, khususnya materi kebutuhan. Peserta didik menunjukkan keterlibatan aktif dalam proses pemecahan masalah, mengembangkan pemikiran kritis, dan berkolaborasi dengan baik dalam kelompok. Mereka juga mengalami peningkatan pemahaman konsep dan keterhubungan anta rmateri dalam IPAS.

Dalam kesimpulannya, implementasi model pembelajaran Problem-Based Learning dalam mata pelajaran IPAS, khususnya materi kebutuhan, memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV. Model PBL memberikan pengalaman belajar yang aktif, relevan, dan mengembangkan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah, berkolaborasi, dan mengaitkan konsep dengan konteks kehidupan sehari-hari. Diharapkan bahwa penemuan ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan pendekatan pembelajaran yang lebih efektif dan menarik di kelas IV.

Kata Kuncii : Problem Based Learning, Hasil Belajar, Kebutuhan


Teks Lengkap:

DOWNLOAD (PDF)


DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jpu.v17i2.2645

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pendidikan UNIGA

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : journal.pendidikan@uniga.ac.id

Download Template :

 

Visitor

View My Stats

Indexed by:

         

Supported by:

  

Tools

   

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016 

|Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.