Validitas Dan Keterbacaan Peserta Didik Kelas X Sma Terhadap Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Flip Html5 Konsep Protista

Rania Rahima, Kaspul Kaspul, Aminuddin Prahatama Putra

Abstrak


Penyebaran virus Covid-19 sebagai pandemi global memberikan dampak pada pendidikan. Pembelajaran daring yang menjadi solusi saat pandemi juga mengalami kendala di antaranya kurangnya interaksi antar guru dengan peserta didik yang mengakibatkan pembelajaran berjalan monoton. Konsep protista merupakan materi yang kompleks, sehingga membutuhkan bahan ajar yang bervariasi untuk mengatasi permasalahan guru dan peserta didik. Modul elektronik adalah bahan ajar el ektronik yang disusun secara sistematis, meliputi kompetensi yang akan dikuasai peserta didik dan dilengkapi dengan tampilan yang menarik. Flip HTML5 merupakan aplikasi atau situs web yang dapat digunakan untuk mengonversi file PDF ke bentuk flipbook yang membuat bahan ajar menjadi interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas dan uji keterbacaan pada modul elektronik berbasis berbasis Flip HTML5 pada konsep protista kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah Research and Development menggunakan model 4-D yang dibatasi sampai tahap Develop. Subjek penelitian ini terdapat 3 orang validator dan 9 peserta didik kelas X SMAN 7 Banjarmasin. Hasil dari penelitian ini adalah modul elektronik berbasis Flip HTML5 pada konsep protista kelas X SMA memperoleh nilai validitas 88,54% dan uji keterbacaan peserta didik 86,2% sehingga terkategori sangat valid dan sangat baik.

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19.

Jurnal Pendidikan Islam Volume 3 No. 01, 123-140.

Chen, J. (2012). A Survey Of New Readability Formulas Vol. 10 No. 12. 1779-1783.

Darajat, N. B. (2016). Hubungan Kepatuhan Membaca Label Informasi Zat Gizi dengan Kemampuan Membaca Label Informasi Gizi pada Ibu Rumah Tangga di Pasar Basah Mandonga Kota Kendari Tahun 2016 (Studi Kasus pada UD. Puteri Kembar Kendari). Jurnal Ilmiah Mahapeserta Didik Kesehatan Masyarakat.

Fadhillah, & Andromeda. (2020). Validitas dan Praktikalitas E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan.

Febrianti, A. F. (2017). Pengembangan Modul Biologi Berbasis Web untuk Mendukung Pembelajaran Interaktif. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Gunadharma. (2011). Pengembangan Modul Elektronik sebagai Sumber Belajar Untuk Mata Kuliah Multimedia Design. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Hasbullah. (2011). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Khasanah, D., & Asih, T. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Guided Discovery pada Materi Protista untuk Pembelajaran Biologi Siswa SMA Kelas X. Seminar Nasional Pendidikan.

Khotimah, L. K. (2017). Pengembangan E-Modul Mata Pelajaran Biologi Kelas XI Semeseter II Materi Sistem Pernapasan Manusia di SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Millah, E. S. (2012). Pengembangan Buku Ajar Materi Bioteknologi Di Kelas XII SMA IPIEMS Surabaya Berorientasi Sains, Teknologi, Lingkungan, Dan Masyarakat (SETS). Jurnal Bio Edu, 19-24.

Fatonah, N., Muhamad, N., Fadilah, N. M., & Indonesia, U. G. (2022). LEARNING ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION AND CHARACTER AT ELEMENTARY SCHOOL LEVELS DURING THE. 5(1), 218–228.

Nugraha, E. A. (2012). Pembuatan Bahan Ajar Komik Sains Inkuiri Materi Benda Untuk Mengembangkan Karakter Siswa Kelas IV SD. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 60-68.

Nyoman, S., & Nyoman, L. J. (2017). Pengembangan E-Modul Matakuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 221-230.

Pangestika, M. W. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Kompetensi Dasar Menyelidiki Sifat-sifat Zat Berdasarkan Wujudnya dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal Pembelajaran Fisika.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Puspridayanti, V. S., Wedi, A., & Ulfa, S. (2018). Pengembangan E-

Modul Mata Pelajaran Biologi Kelas XI Semeseter II Materi Sistem Pernapasan Manusia di SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek. JINOTEP.

Sadjati, I. M. (2012). Retrieved Oktober 15, 2021, from Pengembangan Bahan Ajar: www.repository.ut.ac.id

Sani, A., & Ridwan. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk

Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Setiawan, A., Jalmo, T., & Surbakti, A. (2018). Analisis Kesesuaian Materi Ruang Lingkup Biologi Pada Buku Teks SMA Kelas X. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 35-44.

Setiyadi, M. W., Ismail, & Gani, H. A. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology, 102-112.

Suarsana, M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 264-275.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Winarko, A. S., Sunarno, W., & Masykuri, M. (2013). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis POEI (Prediksi, Observasi, Eksperimen, Interpretasi) pada Materi Sistem Indera Kelas XI SMA Negeri 3 Ponorogo. Bioedukasi, 58-75.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v16i1.1828

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pendidikan UNIGA

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : journal.pendidikan@uniga.ac.id

Download Template :

 

Visitor

View My Stats

Indexed by:

         

Supported by:

  

Tools

   

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016 

|Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.