PERSEPSI SISWA TERHADAP KEPRIBADIAN GURU PAI HUBUNGANNYA DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI (Penelitian Pada Siswa Kelas XII SMA Negri 17 Kota Madya Bandung)
DOI:
https://doi.org/10.52434/jp.v3i1.17Abstract
Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa ada keterkaitan antara persepsi dan minat. Minat seseorang untuk melakukan perbuatan didasari oleh persepsinya terhadap perbuatan tersebut. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah semakin positif persepsi siswa terhadap kepribadian guru PAI semakin tinggi pula minat belajar mereka terhadap mata pelajaran PAI dan sebaliknya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dengan wawancara, observas, angket, dan studi pustaka. Sedangkan pengolahan data dilakukan dengan dua pendekatan yaitu pendekatan logika dan statistik. Sampel dalam penelitian ini 32 orang dari populasi 320 siswa kelas XII SMA Negri 17 Kota Madya Bandung. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa realitas persepsi siswa terhadap kepribadian guru PAI berkategori tinggi, dengan hasil perolehan nilai parsial 4,1 dan prosentase rata-rata sebesar 133,3%. Sedangkan realitas minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI termasuk cukup dengan hasil perolehan nilai parsial 3,3 dan prosentase rata-rata sebesar 104,2%. Jadi, hubungan antara keduanya termasuk kategori rendah dengan nilai indeks koefisien 0.167. Begitu pula hasil analisis uji signifikansi korelasi menunjukkan bahwa ttabel lebih besar dari thitung yaitu 2,04 > -49,16. Adapun besar pengaruh variabel X dengan variabel Y sebesar 9% hal ini berarti 91% lagi dipengaruhi oleh faktor lain yang turut mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negri 17 Kota Madya Bandung. Kata kunci : Persepsi, Kepribadian, Guru PAI , Minat BelajarDownloads
Published
2017-02-19
How to Cite
Navisah, E. (2017). PERSEPSI SISWA TERHADAP KEPRIBADIAN GURU PAI HUBUNGANNYA DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI (Penelitian Pada Siswa Kelas XII SMA Negri 17 Kota Madya Bandung). Jurnal Pendidikan UNIGA, 3(1), 10–13. https://doi.org/10.52434/jp.v3i1.17
Issue
Section
Jurnal Pendidikan UNIGA