Pengaruh Strategi Student Fasilitator And Explaining (SFE) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.52434/jp.v15i2.1391Abstrak
Salah satu upaya peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilakukan melalui proses pembelajaran yang aktif dan kreatif semisal menggunakan strategi Student Fasilitator and Explaining (SFE). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan mengetahui pengaruh strategi SFE dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar peserta didik pada tema 8 subtema 3 dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Pembelajaran dengan startegi SFE ini dilakukan secara online mengingat sekolah belum melakukan tatap muka di masa pandemi ini. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, penilaian keterlaksanaan pembelajaran, dan berupa instrumen soal Pretest-Posttest. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata observasi sebesar 86,66 termasuk dalam kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa menunjukkan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan meningkat dari 14,3% menjadi 85,7% setelah pembelajaran dengan strategi SFE. Kesimpulan pada penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan strategi SFE dalam pembelajaran daring pada tema 8 subtema 3 terlaksana dengan sangat baik berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV di MI Darussalam Pacet.
Referensi
Huda, Miftakhul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran,Isu-Isu Metodis dan Pragmatis. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR
Khotim, Syafi’ah Nur. 2019. Modul Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: BENING PUSTAKA
Suprijono, 2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem,(Yogyakarta:Pustaka Belajar,2012)
Suprijono, 2017. Pengertian Metode Pembelajaran Student Fasilitator and Explainingâ€. fatkhan.web.id/pengertian-metode-pembelajaran-student-fasilitator-and-explaining/diakses pada 11 januari 2021 pukul 10:45
Triwiyanto, Teguh. 201. pengantar pendidikan. Jakarta: BUMI AKSARA
Djali. Muldjono, Pudji. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo. 2008.
Prastowo, Andi. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press. 2015.
Sudijono, Anas. Pengantar Statistika. Jakarta: Rajawali Press. 2007.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2011.
Trianto, Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2010), 111.
Umar, Husein. Metode Riset Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2013.
Widyoko, Eko Putro. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2009.