INOVASI PEMBELAJARAN DENGAN METODE BELAJAR BERSAMA ALAM (BBA) GUNA MEMBANGUN KARAKTER ANAK SEMENJAK DINI PADA SEKOLAH ALAM MUARA BUNGO (SAMO)

Laili Rahmi, Ulfa Adilla, Rina Juliana, Dedi Yuisman, Mualimin -

Abstrak


Observasi awal yang peneliti lakukan pada sekolah alam muara bungo ini meninggalkan kesan yang sangat menarik. Lingkungan sekolah yang indah dan asri menyatu dalam keramahan, ketertiban dan kecerdasan anak-anaknya. Hal ini tentunya memberi kenyamanan bahkan rasa takjub bagi siapapun yang mengunjungi. Berbagai jenis tanaman menghiasi halaman, pagar, ruangan dan juga sebuah green lab yang mengoleksi berbagai jenis bunga dan tanaman buah-buahan yang dapat menjadi “hadiah” atau oleh-oleh bagi setiap tamu yang datang.  Semua tanaman ini tumbuh dengan indahnya tanpa terlihat rusak atau patah meski berada diantara permainan anak-anak. Hal yang akan menjadi tanda tanya bagaimana anak-anak yang masih berada diusia dini ini telah dapat mengerti untuk menjaga dan menghargai lingkungannya.

Peneliti memperhatikan juga bagaimana hubungan sosial anak-anak ini terjalin dengan baik termasuk terhadap anak yang berkebutuhan khusus (ADHD). Guru mendampingi agar tidak terjadinya keributan dan mereka dapat merasa nyaman antara satu sama lainnya. Peneliti juga merasakan keramahan anak-anak ini dan merasa takjub ketika mereka menunjukkan kefasihannya dalam melafalkan hadits-hadits nabi yang menjadi pedoman bagi mereka dalam bersikap atau berperilaku sehari-hari. Berdasarkan hal ini dapatlah diketahui bahwa karakter anak-anak di sekolah alam muara bungo telah terbina dengan baik, tidak hanya pada sikap menjaga lingkungan namun juga menghargai sesama serta meneladani kemuliaan akhlak Rasulullah SAW dengan pemaknaan terhadap hadits-haditsnya.

Berdasarkan pemaparan di atas maka akan dilakukan penelitian mengenai “Inovasi Pembelajaran dengan Metode Belajar Bersama Alam (BBA) Guna Membangun Karakter Anak Semenjak Dini pada Sekolah Alam Muara Bungo (SAMO)”

 

Keyword: Inovasi Pembelajaran, Metode BBA, Membamgun Karakter, Sekolah Alam Muara Bungo


Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Anonimus. Sekolah Alam. Diakses dari https://id.m.wikipedia.org/wiki/sekolah_alam pada 8 Agustu 2019 pukul 4.44 WIB

Bambang, Q Anees dkk. 2008. Pendidikan Karakter Berbasisal-Quran, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Julius. Dr. Gloria. 2016. Survey says: Developing good character in children starts early. Retrieved from Primrose School. Diakses dari https://www.primroseschools.com/blog/survey-says-building-good-character-in-children-starts-early/

Lickona, T. 2014. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. (Edisi terjemahan). Bandung: Nusa Media.

Lubis, Syahron. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang: Sukabina Press.

Lufri. 2007. Kiat Memahami dan Melakukan Penelitian. Padang: UNP Press

Riadi, Doni. “Belajar Bersama Alam”. Diakses dari doniriadi.gurusiana.id pada 30 Juni 2019 pukul 23.33 WIB.

Saptono. 2011. Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter: Wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis. Salatiga: Erlangga.

Sari, I.P., & Syamsi, K. 2015. Pengembangan Buku Pelajaran Tematik-Integratif Berbasis Nilai Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab di Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, Vol. 3(1), hlm. 73–83.

Suwarna & Suharti. 2014. Pendidikan Karakter Hormat dalam Buku Pelajaran Bahasa Jawa di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, Vol. 4(2), hlm. 137–148.

Suhendi dan Septriana Murdiani. 2011. Belajar Bersama Alam dengan Kurikulum Muatan Lokal yang Hidup. Bogor: SoU Publisher




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v15i1.1177

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan,Garut University

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : [email protected]

Download Template :

 

Indexed by:

    

Supported by:

     

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016