Tingkatan Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru Fisika

Penulis

  • Siti Nurdianti Muhajir Universitas Garut
  • Putri Rahmali Lestari Universitas Garut
  • Nenden Sri Rahayu Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jp.v15i1.1172

Abstrak

Masyarakat saat ini berada di era revolusi industri 4.0 yang menitikberatkan pada kolaborasi antara teknologi cyber dan teknologi otomatisasi. Agar masyarakat survie di era ini tentu, saja masyarakat perlu memiliki literate terhadap sains dan maupun teknologi yang merupakan produk sains. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkatan literasi sains mahasiswa calon guru setelah di berikan perlakuan berupa problem solving laboratory pada mata kuliah fisika dasar 2. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain one group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukan terdapat perubahan sebaran kategori literasi sains mahasiswa setelah diberikan perlakuan berupa problem solving laboboratory.

 

Kata kunci: literasi sains; mahasiswa;

Referensi

Daftar Pustaka

Ahmada, R. F., Suwono, H., & Fachrunnisa, R. (2021, March). Development scientific literacy through STEM project in biology classroom: A mixed method analysis. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2330, No. 1, p. 030020). AIP Publishing LLC.

Braaten, M., & Windschitl, M. (2011). Working Toward a Stronger Conceptualization of Scientific Explanation for Science

Bybee, R., McCrae, B., & Laurie, R. (2009). PISA 2006: An Assessment of Scientific Literacy. Journal of Research in Science Teaching, 46(8), 865–883. https://doi.org/10.1002/tea.20333

Campbell, T., Longhurst, M., Duffy, A. M., Wolf, P. G., & Shelton, B. E. (2013). Science Teaching Orientations and Technology-Enhanced Tools for Student Learning. Research in Science Education, 43(5), 2035–2057. https://doi.org/10.1007/s11165-012-9342-x

E Ashari, S. E., & Wisanti, W. (2021). Kelayakan Teoretis Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Lumut Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(1), 95-101.

Fives, H., Huebner, W., Birnbaum, A. S., & Nicolich, M. (2014). Developing a measure of scientific literacy for middle school students. Science Education, 98(4), 549-580.

Gregar, J. (1994). Research Design (Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches). Book published by SAGE Publications, 228.

Hurd, P. D. (1998). Scientific literacy: New minds for a changing world. Science education, 82(3), 407-416.

Khair, B. N., Astria, F. P., Wardani, K. S. K., Nurwahidah, N., & Sriwarthini, N. N. (2021). Pengembangan LKPD Literasi Sains Berbasis Lesson Study for Learning Community (LSLC). Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 136-141.

Muhajir, S. N. (2018). PENERAPAN PROJECT ORIENTED PROBLEM BASED LEARNING DENGAN READING INFUSION UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN ABAD KE 21 MAHASISWA (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Muhajir, S. N., Mahen, E. C. S., Yuningsih, E. K., & Rochman, C. (2015). Implementasi model problem solving laboratory untuk meningkatkan kemampuan literasi sains mahasiswa pada mata kuliah fisika dasar II. Disajikan dalam Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains. Bandung.

Mutasam, U., Ibrohim, I., & Susilo, H. (2020). Penerapan Pembelajaran Sains Berbasis Inquiry Based Learning Terintegrasi Nature of Science Terhadap Literasi Sains. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(10), 1467-1472.

Rakhmawan, Aditiya. 2012. Kegiatan Laboratorium Berbasis Inkuiri pada Submateri Pokok Sel Volta untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Kimia. Tersedia online pada http://file.upi.edu/direktori/tesis.pendidikankimia/. Diunduh tanggal 3 Maret 2015. Pukul 05.30 WIB.

Shofiyah, N. (2015). Deskripsi literasi sains awal mahasiswa pendidikan IPA pada konsep IPA. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(2), 113-120.

Soobard, R., & Rannikmae, M. (2011). Assessing Student’s Level of Scientific Literacy Using Interdisciplinary Scenarios. Science Education International, 22(2), 133–144.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan:Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta.

Toharudin, Uus. (2011) Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora

Wen, C. T., Liu, C. C., Chang, H. Y., Chang, C. J., Chang, M. H., Chiang, S. H. F., ... & Hwang, F. K. (2020). Students’ guided inquiry with simulation and its relation to school science achievement and scientific literacy. Computers & Education, 149, 103830.

Diterbitkan

2021-06-02

Cara Mengutip

Muhajir, S. N., Lestari, P. R., & Rahayu, N. S. (2021). Tingkatan Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(1), 378–384. https://doi.org/10.52434/jp.v15i1.1172

Terbitan

Bagian

Jurnal Pendidikan UNIGA