Kesiapan Orang Tua Dalam Mendukung Pembelajaran Di Masa Pandemi COVID-19

Penulis

  • Resti Warliani Universitas Garut
  • Salma Fauziyyah Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jp.v14i2.1031

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kesiapan orangtua siswa dalam mendukung pembelajaran ketika diberlakukan Study From Home di masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kualitatif-deskriptif melalui survey dengan menggunakan angket google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Orangtua memiliki ketertarikan yang positif terhadap pembelajaran daring, (2) Sebanyak 80% menyatakan memiliki fasilitas yang memadai dalam pembelajaran daring, (3) Sebanyak 68% menyatakan melakukan pendampingan dalam pembelajaran daring, (4) Sebanyak 34% menyatakan metode yang dilakukan guru dalam pembelajaran daring adalah pemberian materi dalam bentuk soft file atau tugas. Kata kunci : Pandemi Covid-19, Pembelajaran Daring, Study From Home

Referensi

Handarini, O.I. 2020.Pembelajarann Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran. Volume 8, No.3.

Hasanah,dkk.2020.Analisis Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi Covid-19.Jurnal Pendidikan. Volume 1, No. 1.

Pakpahan,R & Fitriani,Y.2020. Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di tengah pandemic virus corona covid-19. Journal of Information System, Applied,Management,Accounting and Research. Volume 4, No.2.

Purwanto,dkk.2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Pshycology,and Counselling.Volume 2, No.1.

Sadikin,A&Hamidah,A.2020.Pembelajaran Daring di tengah wabah covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Volume 6.No.2.

Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Pendidikan Tinggi No.1 Tahun 2020.

Diterbitkan

2020-12-10

Cara Mengutip

Warliani, R., & Fauziyyah, S. (2020). Kesiapan Orang Tua Dalam Mendukung Pembelajaran Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(2), 372–377. https://doi.org/10.52434/jp.v14i2.1031

Terbitan

Bagian

Jurnal Pendidikan UNIGA