Analisis Wilayah Manajemen Operasional pada UMKM Bintang Langit

Fitrin Rawati Suganda, Imas Purnamasari

Abstract


Salah satu UMKM di Kabupaten Garut adalah UMKM Bintang Langit yang memproduksi benang gelasan. Produk ini terbilang produk yang unik, karena digunakan secara musiman yaitu pada saat main layangan, yang biasanya pada musim  kemarau. Produk benang gelasan merupakan salah satu produk UMKM Kabupaten Garut yang sudah tembus pasar Ekspor. Salah satu fenomena yang terjadi, disaat pesaing-pesaingnya sudah dapat mengekspor produknya, berbeda dengan UMKM Bintang Langit yang baru bisa memenuhi kebutuhan pasar domestik namun pada wilayah manajemen rantai pasokan sudah mampu melakukan distribusi secara digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan metode deskriftif. Dengan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Manajemen operasional UMKM Bintang Langit, dan 2) Lima keputusan pada Wilayah Manejemen Operasional, yaitu Desain Produk, Manajemen Kualitas, Desain Proses dan Kapasitas, Lokasi, dan Tata letak pada UMKM Bintang Langit. Hasil penelitian menyatakan bahwa kegiatan manajemen operasional UMKM Bintang Langit dari mulai perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, dan kontroling pada wilayah manajemen operasional perusahaan dilakukan oleh pemilik seorang diri, sehingga belum sepenuh nya optimal terutama pada wilayah Desain proses dan Kapasitas. Namun demikian secara keseluruhan keputusan pada wilayah manajemen operasional yaitu pada wilayah Desain Produk, Manajemen Kualitas, Desain proses dan Kapasitas, Lokasi, dan tata letak, pada kelima wilayah tersebut telah memiliki indikator yang mendukung pada kegiatan yang efektif dan efisien. 

 

Kata kunci: Desain Produk, Desain Proses dan Kapasitas, Lokasi, Manajemen Operasional, Manajemen Kualitas, Tata Letak, UMKM.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jkm.v16i1.2123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Garut

Jln Raya Samarang No. 52.A Tarogong kaler - Garut Jawa Barat 44151

(0262) 544-218

(0262) 231-013

Email : jkm@fekon.uniga.ac.id

Email : fekon@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Journal of Knowledge Management merupakan Jurnal Online Prodi S1 Manajemen : Kreasi Keilmuan serta Hasil Penelitian dipublikasikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Visitors:

View My Stats

EISSN: