Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Online Trust terhadap Purchase Intention pada Marketplace Lazada di Garut
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruhnya EWOM dan Online Trust terhadap Niat Beli Pada Marketplace Lazada di Garut. Data yang dilakukan pada penelitian ini merupakan data penelitian berupa hasil kuesioner yang dibagikan kepada 96 responden pada konsumen Lazada dengan jenis sampel non-probability sampling dan teknik menentukan ciri-ciri khusus yaitu orang-orang yang pernah melakukan transaksi di Lazada. Variabel yang digunakan yaitu EWOM, Online Trust dan Purchase Intention. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa EWOM pada aplikasi Lazada yang berupa ulasan dan rating sangat membantu calon konsumen agar lebih yakin terhadap pilihannya. Sedangkan, hasil analisis deskriptif Online Trust pada aplikasi Lazada dapat dipercaya oleh konsumen. Dan, hasil analisis deskriptif Niat Beli pada aplikasi Lazada dapat memenuhi harapan para responden. Sehingga, hasil penelitian ini menunjukan bahwa EWOM dan Online Trust berpengaruh positif terhadap Niat Beli pada Marketplace Lazada di Garut. Kesimpulan penelitian ini bahwa apabila ulasan EWOM semakin baik maka akan berpengaruh pada Niat beli, dan pada Online Trust apabila Lazada menunjukkan kesungguhannya dalam menangani masalah pelanggan maka resputasi Lazada di mata konsumen pun akan menjadi baik, sehingga akan berpengaruh pada Niat Beli.
Full Text:
Download (PDF) (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jkm.v15i1.1660
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Garut
Jln Raya Samarang No. 52.A Tarogong kaler - Garut Jawa Barat 44151
(0262) 544-218
(0262) 231-013
Email : jkm@fekon.uniga.ac.id
Email : fekon@uniga.ac.id
Journal of Knowledge Management merupakan Jurnal Online Prodi S1 Manajemen : Kreasi Keilmuan serta Hasil Penelitian dipublikasikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Visitors:
View My StatsEISSN: