Analisis Faktor Revisit Intention di Objek Wisata Situ Bagendit Garut

Taufik Septiana, Tinneke Hermina, Asep Saepuloh

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari faktor-faktor apa saja yang menjadi minat berkunjung kembali wisatawan di objek wisata Situ Bagendit Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Analisis Faktor Eksplorasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa hasil survey, wawancara dan kuisioner kepada wisatawan di wisata Situ Bagendit. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas dan analisis faktor menggunakan software IBM SPSS. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa analisis faktor ini memang sesuai untuk menganalisis data dalam bentuk matriks korelasi. Selain itu, hasil uji Bartlett terhadap Sphericity diketahui merupakan indikator yang berkorelasi dan layak untuk dianalisis lebih lanjut. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil anti-citra menghasilkan dua belas item yang digunakan pada pengujian selanjutnya, sehingga dari hasil pengujian faktorisasi dan rotasi ditemukan tiga faktor yang memiliki nilai eigen diatas angka satu. Jadi faktor dalam penelitian ini adalah tiga faktor.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jkm.v14i1.1644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Garut

Jln Raya Samarang No. 52.A Tarogong kaler - Garut Jawa Barat 44151

(0262) 544-218

(0262) 231-013

Email : jkm@fekon.uniga.ac.id

Email : fekon@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Journal of Knowledge Management merupakan Jurnal Online Prodi S1 Manajemen : Kreasi Keilmuan serta Hasil Penelitian dipublikasikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Visitors:

View My Stats

EISSN: