Analisis Ekuitas Merek pada Coffee Shop Kopilogi

Teten Sutrisna, Wati Susilawati, Alam Avrianto

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui posisi brand awareness akan keberadaan merek Kopilogi. (2) Untuk mengetahui brand association Kopilogi yang tertanam di benak konsumen (3) Untuk mengetahui perceived quality tentang kualitas merek Kopilogi. (4) Untuk mengetahui brand loyalty merek Kopilogi di benak konsumen. (5) Untuk mengetahui posisi ekuitas merek Kopilogi di benak konsumen Kopilogi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu pecinta kopi yang sedang dan pernah membeli produk dari coffee shop Kopilogi. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini teknik Non Probability Sampling dengan teknik penarikan Sampel menggunakan sampling insidental adapun sampel yang ditetapkan yaitu sebanyak 130 responden. Metode pengolahan dan analisis data yaitu dengan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Statistik Deskriptif, Skala Likert, Rataan dan uji Cochran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ekuitas merek Kopilogi belum kuat, hal ini berdasarkan hasil penelitian yang menunjukan brand awareness sudah menempati posisi pertama dari top of mind. analisis brand asociation hanya 4 dari 10 atribut yang diberikan menjadi pembentuk merek Kopilogi. Hasil analisis perceived quality menunjukkan hasil skala puas (3,69) dengan rentang skala baik (3,41-4,20). Hasil analisis brand loyalty menunjukkan konsumen belum kuat dimana berdasarkan hasil perhitungan commited buyer 40% konsumen adalah konsumen setia berada pada skala cukup (3,35) dengan rentang skala cukup (2,61-3,40). Hasil analisis ini memberikan tantangan bagi pihak manajemen coffee shop untuk semakin berbenah supaya menjadi lebih baik sehingga menjadi tujuan utama konsumen dan menjadi pemimpin pasar dalam dunia persaingan coffee shop.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jkm.v13i1.1631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Garut

Jln Raya Samarang No. 52.A Tarogong kaler - Garut Jawa Barat 44151

(0262) 544-218

(0262) 231-013

Email : jkm@fekon.uniga.ac.id

Email : fekon@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Journal of Knowledge Management merupakan Jurnal Online Prodi S1 Manajemen : Kreasi Keilmuan serta Hasil Penelitian dipublikasikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Visitors:

View My Stats

EISSN: