ANALISIS KOMUNIKASI TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA UKM PENYAMAKAN KULIT DI SUKAREGANG KABUPATEN GARUT

Penulis

  • Fitrin Rawati Suganda Universitas Garut
  • Erik Kartiko Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.52434/jk.v7i1.983

Abstrak

Abstrak

Sentra penyamakan kulit yang terletak di Sukaregang Kabupaten Garut didominasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Dari 282 unit usaha tersebut, hanya 53 unit usaha dengan kategori kinerja yang baik, dengan indikator utama jumlah produksi yang dihasilkan setiap periodenya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja dan faktor yang paling dominan yang mempengaruhi kinerja UKM penyamakan kulit di Sukaregang Kabupaten Garut. Jumlah responden sebanyak 53 orang, dengan jumlah variabel awal adalah 30 variabel. Pengambilan sampel dengan teknik Purposive Sampling. Sedangkan metode analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, dan Analisis Faktor Ekploratori. Berdasarkan uji kelayakan instrumen penelitian, hasilnya data valid dan reliabel. Berdasakan hasil Analisis Faktor dari 30 variabel awal, sebanyak 26 variabel yang memenuhi untuk proses analisis faktor selanjutnya, kemudian dari 26 variabel yang dianalisis tersebut terbentuk menjadi delapan faktor yang mempengaruhi kinerja UKM  penyamakan kulit di Sukaregang Kabupaten Garut. Kedelapan Faktor tersebut diberi nama berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu, kedelapan faktor tersebut adalah: Faktor Skala Usaha, Faktor Proses Produksi, Faktor Unsur Produksi, Faktor Kinerja Karyawan, Faktor Eksternal, Faktor Entrepreneurship, Faktor Sumber Daya Manusia, Faktor Rantai Pasokan. Sedangkan faktor yang paling dominan yang mempengaruhi kinerja UKM penyamakan kulit di Sukaregang Kabupaten Garut adalah Faktor Unsur Produksi. Secara teoritis, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi penelitian berikutnya. Sedangkan secara praktis dapat memberikan informasi dan rekomendasi bagi para pelaku industri penyamakan kulit khususnya yang kinerja usahanya belum begitu bagus agar dapat memperhatikan dan menerapkan faktor-faktor yang dapat meningkatkan kinerja usahanya.

Kata-kata kunci: Analisis komunikasi; factor produksi; kinerja usaha; usaha kecil; usaha menengah

 

Abstract

The tannery center located in Sukaregang, Garut Regency, is dominated by Small and Medium Enterprises (SMEs). Of the 282 business units, only 53 business units have a good performance category, with the main indicator being the number of products produced in each period. The purpose of this study was to determine and analyze the factors that influence the performance and the most dominant factors that affect the performance of the leather tanning SMEs in Sukaregang, Garut Regency. The number of respondents was 53 people, with the number of first variables, was 30 variables. Sampling with purposive sampling technique. Meanwhile, the data analysis method used a validity test, reliability test, and exploratory factor analysis. Based on the feasibility test of the research instrument, the results are valid and reliable data. Based on the results of the Factor Analysis of the first 30 variables,. 26 variables were fulfilled for the next factor analysis process, then the 26 analyzed variables were formed into eight factors that influenced the performance of the leather tanning SMEs in Sukaregang, Garut Regency. The eight factors are named based on certain considerations, the eight factors are: business Scale Factor, Production Process Factor, Production Element Factors, Employee Performance Factors, External Factors, Entrepreneurship Factors, Human Resources Factors, Supply Chain Factors. While the most dominant factor affecting the performance of the leather tanning SMEs in Sukaregang, Garut Regency is the Production Element Factor. Theoretically, the results of this study are expected to be a reference for further research. While practically it can give information and recommendations for the leather tanneries, especially those whose business performance is not so good, so they can pay attention to and apply factors that can improve their business performance.

Keywords: Communication analysis; production factor; business performance; small business; medium-sized businesses

Biografi Penulis

Fitrin Rawati Suganda, Universitas Garut

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Garut, Prodi Manajemen

Erik Kartiko, Universitas Garut

Prodi Manajemen Universitas Garut

Referensi

Daftar Pustaka

Anggadwita, G., & Mustafid, Q. Y. (2014). Identification of Factors Influencing the Performance of Small Medium Enterprises (SMEs). Procedia Social and Behavioral Sciences, 115, 415–423. doi:10.1016/j.sbspro.2014.02.448.

Anggraeni, N. M. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Kecil dan Menengah Pada Pengrajin Tenun Songket di Desa Jinengdalem Kecamatan Buleleng. Nasional.

Assaury, S. (2016). Manajemen Operasi Produksi (Pecapaian Sasaran Organisasi Berkesinambungan). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Azwar, Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Santoso, S. (2015). Menguasai Statistik Multivariat. Jakarta: PT Elexmedia Komputindo.

Dewi, R. S. (2013). Pengaruh Faktor Modal Psikologis, Karakteristik, Inovasi, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Karakteristik UKM terhadap Perkembangan Usaha Pedagang Di Pasar Tradisional. Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1). 29-40.

Gemina, D., Silaningsih, E., & Yuningsih, E. (2016). Pengaruh Motivasi Usaha terhadap Keberhasilan Usaha dengan Kemampuan Usaha sebagai Variabel Mediasi pada IKM Makanan Ringan Periangan Timur Indonesia. Jurnal Manajemen Teknologi, 15(3), 297-323. doi: 10.12695/jmt.2016.15.3.6.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23, Edisi 28. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryotejo, B., Kusumawardhani, A (2015), Analisis Pengaruh Kinerja Logistik pemasok terhadap Kinerja Bisnis (Studi pada Bengkel AHASS di Kota Semarang), Dipenogoro Journal of Management, 4(3), 2337-3792.

Heizer, Jay dan Barry Render. 2011. Operation Management. Tenth Edition. Pearson. New Jersey: Prentice Hall.

Irwin, K. C., Landay, K. M., Aaron, J. R., McDowell, W. C., Marino, L. D., & Geho, P. R. (2018). Entrepreneurial Orientation (EO) and Human Resources Outsourcing (HRO): A “HERO†Combination for SME performance. Journal of Business Research, 90, 134–140. doi:10.1016/j.jbusres.2018.05.01.6.

Kasmir. (2013). Kewirausahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Moorthy, M., Tan, A., Choo, C., Chang, S., W., Yong Ping, J.T., Leong, T. K. (2012). A Study on Factors Affecting the Performance of SMEs in Malaysia. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 2(4), 224-239.

Nisar, S., Boateng, A., & Wu, J. (2018). The Entry Mode Strategy and Performance of SMEs: Evidence from Norway. Research in International Business and Finance, 45, 323–333. doi:10.1016/j.ribaf.2017.07.164.

Nizar, M. (2015). Pengaruh Sumber Daya Manusia, Permodalan dan Pemasaran terhadap Kinerja Usaha Kecil dan Menengah Sari Apel Di Kecamatan Tutur. Iqtishoduna, 7(1).51-69.

Pearce, John A. dan Richard B. Robinson. 2011. Strategic Management Formulation, Implementation, and Control, Twelfth Edition, McGrawHill, New York.

Purwaningsih, R., & Kusuma, P. Damar. (2015), Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Metode Structural Equation Modelling (Studi Kasus UKM berbasis Industri Kreatif Kota Semarang). Prosiding SNST ke 6. Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim Semarang.

Ramanathan, R., Ramanathan, U., & Hsiao, H.-L. (2012). The Impact of E-Commerce on Taiwanese SMEs: Marketing and Operations Effects. International Journal of Production Economics, 140(2), 934–943. doi:10.1016/j.ijpe.2012.07.017.

Sandra, A. E. (2015). Pengaruh Faktor-Faktor Eksternal dan Internal terhadap Kinerja Usaha Kecil dan Menengah di Jakarta. Bussiness Manajemen Jurnal, 11(1), 97-124.

Seo, Y. W., & Chae, S. W. (2016). Market Dynamics and Innovation Management on Performance in SMEs: Multi-agent Simulation Approach. Procedia Computer Science, 91, 707–714. doi:10.1016/j.procs.2016.07.060.

Sudarsana, I, Ketut. (2015). Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah dalam Upaya Pembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 1-14.

Suganda, F. R., Kartiko, E., & Muharam. (2019). Orientasi Wirausaha dan Network Capability dalam Upaya Peningkatan Kinerja pada IKM Penyamakan Kulit di Sukaregang Kabupaten Garut. Jurnal Wacana Ekonomi, 19(1), 1-12.

UPTD Industri Pangan, Olahan dan Kemasan Satuan Pelayanan Pengembangan Industri Perkulitan Garut Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Garut (2019).

Utami, T, Hastin (2018), Pengaruh Pengetahuan Pemilik, Skala Usaha, dan Umur Usaha terhadap Keberhasilan Kinerja Usaha dengan penggunaan Informasi Akuntansi sebagai Variabel Moderasi (Survei pada Pemilik Usaha UKM Makanan Khas di Kabupaten Banyumas), Jurnal Ekonomi Islam /Islamic Economics Journal, 6(1), 1-48.

Vosloban, R, Ioana (2012), The Influence of the Employee's Performance on the Company's Growth a Managerial Perspective, Emerging Market Queries in Finance and Business, 3, 660-665.

File Tambahan

Diterbitkan

2021-04-06

Terbitan

Bagian

Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian