GRAND LAUNCHING NERV LAB SEBAGAI STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS PADA NERV STORE

Roy Burju Sihombing, Heri Hendrawan, Haryadi Mujianto

Abstrak


Abtraks

Penelitian ini dilatar belakangi sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Personal Vaporizer atau Vape yang pada saat ini sedang banyak diperbincangkan oleh kalangan anak muda dan Nerv Store menjadi Vape Store pertama yang mengadakan Grand Launching Vape di Garut. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode Deskrptif Kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Strategi Marketing Public Relation, yaitu proses yang terdiri atas perencanaan, implementasi, dan evaluasi program yang merangsang pembelian dan kepuasan konsumen melalui komunikasi yang dapat dipercaya dan menarik minat konsumen, khususnya untuk perusahaan yang menyediakan kebutuhan keinginan, kehendak, dan perhatian konsumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Grand Launching Nerv Lab sebagai strategi Marketing Public Relations pada Nerv Store adalah sebagai berikut: strategi menarik (Pull) Marketing Public Relations Nerv Store adalah berbentuk iklan promosi melalui media sosial yang memiliki banyak pengguna aktif di dalamnya. Perlombaan dengan hadiah menarik dalam acara tersebut ditujukan untuk menarik minat publik. Strategi Upaya mendorong. (Push) Marketing Public Relations Nerv Store dalam Grand Launching Nerv Lab dengan promo khusus berupa pemberian diskon harga , dan juga servis gratis, Produk dipromosikan oleh tokoh yang cukup dikenal di kalangan pengguna Vape. Menyediakan tempat bersantai sehingga konsumen merasa nyaman. Strategi Menciptakan Image (Pass) Marketing Public Relation Nerv Store adalah dengan memberikan pelayanan yang baik dengan cara bersikap ramah dan memberikan rekomendasi dan saranan dengan tepat kepada konsumen. Nerv Store juga meyakinkan konsumen bahwa produknya adalah resmi secara hukum dengan memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (B P O M).

Kata kunci: Grand Launching; Nerv Lab; Public Relation; Marketing; Nerv store

Abstract

This research background of a Company engaged in the field of Personal Vaporizer or Vape which is currently being discussed by many young people and Nerv Store became the first Vape Store that held grand launching Vape in Garut. In this research, researches used descriptive qualitative methods. The theory used in this research is the Theory of Public Relations Marketing Strategy, a process consisting of planning, implementation, and evaluation program that stimulates purchasing and customer satisfaction through reliable communitacion and attracts consumers, especially for companies that provide the needs, desires, wills, and consumers attention. The result of this study indicate that Grand Launching Nerv Lab as public relations marketing strategy on Nerv Store is as follows: pull strategy (Pull) Marketing Public Relations Nerv Store is a promotional ad form through social media that has many active users in it. The Challenge with attractive prizes in that event is aimed for attracting the public interest. Strategy of pushing effort (Push) Marketing Public Relations Nerv Store on Grand Launching Nerv Lab is with special promo in the form of discounting price and also free service. free services, Product s are promoted by wellknown figures among Vape users. Provide a place to relax so that consumers feel comfortable. Public image Strategy (Pass) Marketing Public Relations Nerv Store it is by providing good service by being friendly and gibving recommendations and advice appropriately to the consumer. Nerv Store also assures consumers that the products is legally authorized by having permission from B P O M (National Agency of Drug and Food Control)


Keywords: Grand Launching; Nerv Lab; Public Relations; Marketing; Nerv store

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ardianto, Elvinaro. 2010. Metodologi penelitian untuk Public Relations (kuantitatif dan kualitatif): Simbiosa Rekatama Media.

Effendy, Uchjana Onong. 1984. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Garna, Judistira, K. 1999. Metode Penelitian: Pendekatan Kualitatif. Bandung: Primaco Akademika.

Husein Umar. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali.

Kasali, Rhenald. 2005. Manajemen Publik Relasi. Cetakan Ketiga. Jakarta: Penerbit Pustaka Grafiti.

Kotler dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi Keduabelas. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, Philip. 1993. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Alih Bahasa Jaka Warsawa dan Herujati Purwoko. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kuswarno, Creswell, John W. 2009. Research Design Pendekatan Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Meleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Miles, Matthew dan Huberman, A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tantang Metode-Metode Baru. Jakarta:UI Press.

Mulyana, Deddy. 2004. Metode Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu komunikasi dan Ilmu social Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Morissan. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Rangkuti, Freddy (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ruslan, Rosady. 2008. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi,Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.10358/jk.v3i2.575

DOI (Download PDF): http://dx.doi.org/10.10358/jk.v3i2.575.g555

Refbacks





ISSN : 2461-0836 E-ISSN : 2580-538X

DITERBITKAN OLEH: PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Template:

Download Template Jurnal


Incorporate with:



Recommended Tools:

 


Supported by:

Indexed by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015