Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2025-04-30. Baca versi terbaru.

ANALISIS KOMUNIKASI NONVERBAL GURU DALAM INTERAKSI SISWA DI SLB NEGERI JENANGAN PONOROGO

Penulis

  • Zahra Zalfa Nabila Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Eli Purwati
  • Krisna Megantari

DOI:

https://doi.org/10.52434/jk.v11i1.42296

Abstrak

Abstract

 

Nonverbal communication plays a crucial role in social interactions, especially in educational settings for special needs students at SLB Negeri Jenangan Ponorogo. This study aims to explore the effectiveness of nonverbal communication used by teachers in delivering lessons to students with limited verbal communication abilities. Using a descriptive qualitative method, data were collected through interviews with teachers and observation of learning. The findings indicate that nonverbal communication, such as facial expressions and hand gestures, greatly aids in enhancing students’ comprehension and engagement. Moreover, nonverbal communication contributes to building an emotional connection between teachers and students, which is particularly important for children with special needs. Various barriers in verbal and nonverbal communication were identified that could influence the learning process. This study confirms that the combination of verbal and nonverbal communication mutually supports the learning process, and teachers at special education schools must adapt their teaching methods to meet the diverse needs of students. These findings provide valuable insights for developing more effective teaching strategies in special education schools.

 

Keywords: Nonverbal communication, Teacher, Students with special needs

 

 

 

Abstrak

 

Komunikasi nonverbal memiliki peran penting dalam interaksi sosial, terutama di lingkungan pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Jenangan Ponorogo. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas komunikasi nonverbal yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa dengan keterbatasan komunikasi verbal. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, wawancara dengan guru dan observasi terhadap pembelajaran dilakukan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi nonverbal, seperti ekspresi wajah dan isyarat tangan, sangat membantu dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa. Selain itu, komunikasi nonverbal juga berkontribusi dalam membangun hubungan emosional antara guru dan siswa, yang sangat penting bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus. Berbagai hambatan dalam komunikasi verbal dan nonverbal teridentifikasi dapat memegaruhi proses pembelajaran. Penelitian ini menegaskan bahwa kombinasi antara komunikasi verbal dan nonverbal saling mendukung dalam proses pembelajaran, dan guru di SLB harus mengadaptasi metode pengajaran mereka untuk memenuhi kebutuhan siswa yang beragam. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi pengembangan strategi pengajaran yang lebih efektif di SLB.

 

Kata Kunci: Komunikasi nonverbal, Guru, Siswa berkebutuhan khusus

Diterbitkan

2025-04-30

Versi

Terbitan

Bagian

Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian