Analisis komunikasi nonverbal guru dalam interaksi siswa di SLB Negeri Jenangan Ponorogo

Penulis

  • Zahra Zalfa Nabila Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Eli Purwati
  • Krisna Megantari

DOI:

https://doi.org/10.52434/jk.v11i1.42296

Abstrak

Abstract
Nonverbal communication plays a crucial role in social interactions, especially in educational settings
for students with special needs at Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Jenangan Ponorogo. This study
aims to explore the effectiveness of nonverbal communication used by teachers in delivering lesson
materials to students with verbal communication limitations. This research employs a descriptive
method with a qualitative approach. Data collection techniques include interviews, observations,
literature studies, and documentation. The informants in this study consist of the head of SLB Negeri
Jenangan Ponorogo, a third-grade teacher, and a fifth-grade student with an intellectual disability
(who is still able to communicate well). The data analysis techniques involve data reduction, data
presentation, and drawing conclusions. The findings reveal that nonverbal communication, such as
facial expressions and hand gestures, significantly aids in enhancing students' understanding and
engagement. Additionally, nonverbal communication contributes to building emotional connections
between teachers and students, which is crucial for children with special needs. Various barriers in
verbal and nonverbal communication were identified, which can affect the learning process. This study
emphasizes that a combination of verbal and nonverbal communication supports the learning process,
and teachers in SLB must adapt their teaching methods to meet the diverse needs of their students.
These findings provide valuable insights for developing more effective teaching strategies in special
education schools.
Keywords: Teacher-student interaction; nonverbal communication; communication strategic; students
with special needs.


Abstrak
Komunikasi nonverbal memiliki peran penting dalam interaksi sosial, terutama di lingkungan
pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Jenangan Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas komunikasi nonverbal yang digunakan oleh
guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa dengan keterbatasan komunikasi verbal.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data
yang digunakan melalui wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Informan pada
penelitian ini adalah kepala SLB Negeri Jenangan Ponorogo, guru pengampu kelas 3 SD, dan salah
satu siswa SLB Negeri Jenangan Ponorogo yang memiliki disabilitas tunagrahita (tetapi masih dapat
berkomunikasi dengan baik) yang sedang menempuh di bangku kelas 5 SD. Teknik analisis data
melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
komunikasi nonverbal, seperti ekspresi wajah dan isyarat tangan, sangat membantu dalam
meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa. Selain itu, komunikasi nonverbal juga berkontribusi
dalam membangun hubungan emosional antara guru dan siswa, yang sangat penting bagi anak-anak
dengan kebutuhan khusus. Berbagai hambatan dalam komunikasi verbal dan nonverbal teridentifikasi
dapat memegaruhi proses pembelajaran. Penelitian ini menegaskan bahwa kombinasi antara
komunikasi verbal dan nonverbal saling mendukung dalam proses pembelajaran, dan guru di SLB
harus mengadaptasi metode pengajaran mereka untuk memenuhi kebutuhan siswa yang beragam.
Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi pengembangan strategi pengajaran yang lebih efektif
di SLB.
Kata-kata kunci: Interaksi guru dan siswa; komunikasi nonverbal; strategi komunikasi; siswa
berkebutuhan khusus.

Diterbitkan

2025-04-30 — Diperbaharui pada 2025-04-30

Versi

Terbitan

Bagian

Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian