Celebrity Endorsement dan Review Produk: Peran Penting dalam Pembentukan Minat Beli Produk Kecantikan Somethinc
DOI:
https://doi.org/10.52434/jk.v11i1.41458Abstrak
TikTok merupakan salah satu platform media sosial ter favorit di Indonesia yang dapat digunakan secara luas untuk berbagai macam kegiatan, salah satunya yaitu kegiatan bisnis, termasuk konten – konten review produk seperti produk kecantikan. Perusahan Somethinc memanfaatkan TikTok sebagai sarana untuk mempromosikan konten review produk menggunakan celebrity endorsement, dengan tujuan untuk dapat meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk kecantikan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh celebrity endorsement, review produk, dan minat beli produk kecantikan Somethinc. Teori yang dugunakan mencakup konsep celebrity endorsement, review produk, dan minat beli. Metode penelitian yang diterapkan adalah kuantitatif dengan pendekatan explanatory research. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada responden dari followers akun TikTok Tasya Farasya, menggunakan teknik accidental sampling. Sedangkan, analisis data dilakukan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan perangkat lunak IBM SPSS. Selanjutnya, data sekunder diperoleh melalui teknik survei. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa secara simultan, celebrity endorsement dan review produk memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap minat beli produk kecantikan Somethinc, sedangkan sebagian kecil dipengaruhi dari beberapa faktor – faktor yang tidak disertakan pada penelitian ini. Dengan demikian, celebrity endorsement dan review produk sangat berperan penting terhadap minat beli produk kecantikan somethinc karena dapat mempengaruhi minat beli konsumen terhadap produk kecantikan somethinc.
Kata-kata Kunci: Celebrity Endorsement; Minat Beli; Review Produk; Somethinc
Referensi
Anggita Putri, A., & Rahma Haninda, A. (2020). Pengaruh Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan di SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 6(2), 474–484. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JK/article/view/773
Annur, M. C. (2022). Bukan TikTok, Mayoritas Perempuan Indonesia Gali Informasi Kecantikan Lewat Instagram. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/12/08/bukan-tiktok-mayoritas-perempuan-indonesia-gali-informasi-kecantikan-lewat-instagram
Apriliani, U., Wahono, B., & Dianawati, E. (2023). Analisis Pengaruh Visibility, Credibility, Attractiveness dan Power Terhadap Keputusan Pembelian Produk MS Glow Skincare. E-Jurnal Riset Manajemen, 12(1), 1309. file:///D:/data c/Downloads/21779-60888-1-PB.pdf
Bardono, S. (2022). Riset MarkPlus Ungkap RANS Entertainment, Tasya Farasya, dan Fadil Jaidi Jadi Influencer Paling Kredibel. Tinemu.Com. https://www.tinemu.com/temu-niaga/pr-3174048038/riset-markplus-ungkap-rans-entertainment-tasya-farasya-dan-fadil-jaidi-jadi-influencer-paling-kredibel?page=2
Fahmi Shihab, N., Purwatiningsih, & Setyo Rini, R. (2024). Pengaruh Social Media Marketing dan Celebrity Endorsement terhadap Minat Beli Konsumen Produk Wardah Beauty. Jurnal Manuhara, 2(3), 303–314. https://journal.arimbi.or.id/index.php/Manuhara/article/view/1049/1164
Febriani, N. (2021). Efektivitas Strategi Komunikasi Pemasaran Celebrity Endorsement di Instagram terhadap Generasi Z. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 238. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.27682
Fernandi, E. Y., & Farida, S. N. (2022). Pengaruh Celevbrity Endorser dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Scarlett Whitening. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 7(3). file:///C:/Users/windows10/Downloads/1978-7487-1-PB (1).pdf
Hartanti, F. (2024). Tasya Farasya Review Jujur Skincare Somethinc Calm Down Series, Hasilnya Malah Beda: Yang Tadinya Nggak ada Jadi. Hops.Id. https://www.hops.id/unik/29412335579/tasya-farasya-review-jujur-skincare-somethinc-calm-down-series-hasilnya-malah-beda-yang-tadinya-nggak-ada-jadi?page=2
Kelana, I. (2024). Pengaruh E-WOM, Citra Merek, dan Influencer Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Skin Care Somethinc. Milenialnews.Com. https://milenianews.com/mata-akademisi/pengaruh-e-wom-citra-merek-dan-influencer-media-sosial-terhadap-keputusan-pembelian-skin-care-somethinc/
kompas.com. (2023). 15 Medsos Favorit Orang Indonesia, Nomor 1 Bukan Instagram. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2023/02/14/10300097/15-medsos-favorit-orang-indonesia-nomor-1-bukan-instagram?page=all
M Andhika, H. R., R Hamzah, E., M, P., & Putri, E. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Promosi @suasanakopi. Jurnal Cyber PR, 2(2), 107–118. https://www.mendeley.com/catalogue/d7b0a1ec-e699-3b78-b402-388a47a2358f/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7Bbc74cc8f-0fff-456b-90dd-fe3f6c46987f%7D
Muna, N., Rahmi Pratiwi, M., & Yusriana, A. (2021). Celebrity Endorsement dan Citra Produk Halal dalam Membangun Loyalitas Merek: Studi pada Kosmetik Wardah. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(2), 286–300. https://media.neliti.com/media/publications/349510-celebrity-endorsement-dan-citra-produk-h-e16355cd.pdf
Nurrahmi, M., Puspasari, M., Handikho, B., & FItriah, W. (2021). pengaruh Persepsi dan Pengalaman Terhadap keputusan Memilih Universitas Muhammadiyah Palembang. Jurnal Motivasi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 137. https://jurnal.um-palembang.ac.id/motivasi/article/view/3785
Prescillia, C. (2019). Pengaruh Celebrity Endorsement dan Citra Merek terhadap Minat Beli pada Kosmetik Wardah Instaperfect. Institutional Reposity Institut Bisnis Dan Informatika KWik KIan Gie, Jakarta, 10. http://eprints.kwikkiangie.ac.id/204/
Putri Madani, A. R. (2023). Bentuk Komunikasi Massa dari Seorang Tasya Farasya. Goodnewsindonesia.Id. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2023/12/16/bentuk-komunikasi-massa-dari-seorang-tasya-farasya
Putri, T. S. (2020). Pengaruh Celebrity Endorsement pada Media Sosial Instagram dalam Promosi Produk Hijab Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah UIN Ar-Raniry Tahun Masuk 2015-2016)). UIN Ar-Rainy, 224(11), 122–130. http://repository.ar-raniry.ac.id/
Rinantari, A. (2021). Review dan Perbandingan Cushion Lokal, Tasya Farasya Pilih Somethinc atau MakeOver? Patriotbekasi.Com. https://bekasi.pikiran-rakyat.com/belia/pr-122811877/review-dan-perbandingan-cushion-lokal-tasya-farasya-pilih-somethinc-atau-makeover?page=all
Rizaty, ayu M. (2023). Per April 2023, Pengguna TikTok Indonesia Terbanyak Kedua Dunia. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/digital/detail/per-april-2023-pengguna-tiktok-indonesia-terbanyak-kedua-dunia
Shafa, P. M., & Hariyanto, J. (2020). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, dan Metode Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian dalam Berbelanja Online Melalui Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Shopee di Bekasi). Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1–18. http://repository.stei.ac.id/1544/1/21160000207_Artikel Indonesia_2020.pdf
Syafira, M. T., & salman. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser Suhay Salim Terhadap Minat Beli Produk Pixy ( Survey Pada Remaja Akhir di Jakarta Pusat ). Kalbisiana, 8(2). http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisiana/article/view/390/303
Taharu, V. R., Barusman, P. R. A., & Saptarini, V. (2019). Pengaruh e-Wom dan Review Produk pada Market Place Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Jadi di Bandar Lampung. Jurnal Visionist, 8(1), 42–43.
Widi Prabowo, Y., Suharyono, & Sunarti. (2014). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Minat Beli (Survei padaPengunjung 3 Second Store di Jalan Soekarno Hatta malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 14, 3. https://media.neliti.com/media/publications/84414-ID-pengaruh-celebrity-endorser-terhadap-min.pdf
Yoancaludia. (2024). Membangun Citra Kecantikan ala Tasya Farasya. Netralnews.Com. https://www.netralnews.com/membangun-citra-kecantikan-ala-tasya-farasya/enhxdDhiOUhsYXVVVnFHS2JNbVlaZz09
Download Journal Template













