PENGARUH BEAUTY VLOGGER DALAM MINAT BELI PRODUK KECANTIKAN DI SMK TELEKOMUNIKASI TELESANDI BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.10358/jk.v6i2.773Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh youtube beauty vlogger terhadap penonton atau konsumen dalam minat beli produk kecantikan, menjelaskan pengaruh dari beauty vlogger dalam minat beli produk kecatikan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei yang dilakukan dengan mengajukan pertanyaan online terhadap siswi SMK. Telekomunikasi Telesandi Bekasi dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini adalah Beauty vlogger sebagai selebriti pendukung, Minat beli dan Produk kecantikan. Populasi kriteria yang diteliti merupakan anak remaja 15-18 tahun. Responden yang ditanyakan sebanyak 30 orang. Diambil dengan menggunakan purposive sampling dan metode yang digunakan dengan kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan statistik deskriptif. Pengelolahan data penelitian ini menggunakan SPSS 24 untuk windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh beauty vlogger dalam minat beli produk kecantikan kepada siswi atau remaja di SMK Telekomunikasi Telesandi bekasi. Kata kunci : Youtube Beauty Vlogger, Minat Beli, Produk Kecantikan ABSTRACT This research is aimed at studying the effect of YouTube beauty vlogger on visitors or consumers in the interest of buying beauty products, explaining the variation of the beauty of vloggers in buying interest of a black product. This type of research used in this study is research conducted by asking questions online to vocational school students. Telesandi Bekasi telecommunications using quantitative. The variables of this study are Beauty vlogger as supporting celebrities, buying interest and beauty products. The expected population of criteria is teenagers 15-18 years. Respondents were asked as many as 30 people. Taken by using purposive sampling and the method used by the questionnaire. Analysis of the data used in this study uses descriptive statistics. This research data management uses SPSS 24 for windows. The results of this study indicate the fact of the beauty of vloggers in the interest in buying beauty products for students or teenagers at the Vocational Telesandi Telecommunications Bekasi. Keywords: Youtube Beauty Vlogger, Purchase Interest, Beauty ProductsReferensi
David, Eribka R., Mariam. S, Stefi. H. 2017. Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulang. Retrieved from : https://media.neliti.com/media/publications/93363-ID-pengaruh-konten-vlog-dalam-youtube-terha.pdf
Glatt, Zoe. 2017. The Commodification of Youtube Vloggers. Retrieved from : https://www.academia.edu/35111953/The_Commodification_of_YouTube_Vloggers
Have, Ten C.E. 2017. Beauty Vlogger and their influence on consumer buying intention. Retrieved from : https://thesis.eur.nl/pub/39696
Hutapea. 2016. Beauty Vlogger dan Brand Image Survei Pengaruh Beauty Vlogger Sebagai Endorser Terhadap Brand Image Produk The Body Shop. Retrieved from : http://etd.repository.ugm.ac.id/home/detail_pencarian/107502
Kawatak, Ivana T. 2019. Pengaruh beauty vlogger dalam meningkatkan minat beli produk kecantikan studi pada viewers video Youtube Purbasari Channel Tasya Farasya. Retrieved from : https://repository.usd.ac.id/33704/2/142214217_full.pdf
Kyungji, Lee. 2018. The influence of beauty-related Youtube content on Consumer’s Purchase Intention. Retrieved from : https://trace.tennessee.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=6558&context=utk_gradthes
Najihan, Nur Rafika T. 2017. Efektivitas beauty vlogger dalam meningkatkan minat beli produk kecantikan. Retrieved from : http://digilib.uin-suka.ac.id/28537/1/13730103_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
Rapp, Florencia G. 2016. The Digital Media Phenomenon of YouTube Beauty Gurus: The Case of Bubzbeauty. Retrieved from : https://www.researchgate.net/publication/304776869_The_Digital_Media_Phenomenon_of_YouTube_Beauty_Gurus_The_Case_of_Bubzbeauty
Sinaga, Rumandang E. M. 2018. Pengaruh Youtube beauty vlogger terhadap minat beli konsumen dan dampaknya terhadap keputusan pembelian produk. Retrieved from : http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2715/3110
Westenberd, Wilma. 2016. The influence of Youtubers on teenagers. Retrieved from : https://essay.utwente.nl/71094/1/Westenberg_MA_BMS.pdf