Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Pelayanan Akademik Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.52434/jk.v10i1.3707Abstrak
Abstract The university, as a higher education institution, has the responsibility to develop science and technology and to form a social enlightenment in students to be able to analyze, develop opinions, and enhance critical and reflective knowledge. The primary goal is to create students who can make a positive contribution as the successor generation of the nation. Evaluation of the quality of academic services and interpersonal communication at the Faculty of Communication and Information focuses on factors such as ease, accessibility, speed, reliability, and hospitality in the attitude of service. The research focuses on the quality of academic services, student satisfaction, and their impact on the Faculty of Communication and Information. The method used in this research is a descriptive study method with a quantitative approach. Data analysis techniques in this study are using primary data and secondary data. The data collection technique used is a questionnaire with a total population of 1139 active students in the Faculty of Communication and Information. The sampling technique used was Probabilitiy Sampling with a total of 91 criteria respondents. Research results show that interpersonal communication is categorized on the criterion of "Good"Quality of Academic Services is categorized according to the percentage criterion of "Good", resulting from Student Satisfaction in the category "Well". Result determination coefficient, that is, the influence of interpersonal communication and the quality of academic service on students. Based on the correlation of the influence of interpersonal communication and the quality of academic services on students in strong categories. According to him, effective education can change student behavior. Keywords: Interpersonal communication; quality of academic service; student satisfaction; interaction. Abstrak Universitas, sebagai lembaga pendidikan tinggi, memiliki tanggung jawab mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta membentuk melek sosial pada mahasiswa agar mampu menganalisis, mengembangkan opini, dan meningkatkan pengetahuan yang kritis dan reflektif. Tujuan utamanya adalah menciptakan mahasiswa yang dapat memberikan kontribusi positif sebagai generasi penerus bangsa. Evaluasi kualitas layanan akademik dan komunikasi interpersonal di Fakultas Komunikasi dan Informasi menitikberatkan pada faktor-faktor seperti kemudahan, ketepatan, kecepatan, keandalan, dan keramahan dalam sikap pelayanan. Penelitian ini fokus pada penilaian kualitas layanan akademik, kepuasan mahasiswa, dan dampaknya di Fakultas Komunikasi dan Informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur komunikasi interpersonal dan kualitas layanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode studi deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dengan jumlah populasi 1139 mahasiswa aktif di Fakultas Komunikasi dan Informasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Probabilitiy Sampling dengan total 91 responden kreteria tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi Interpersonal dikategori pada kriteria “Baik”Kualitas Layanan Akadmek dikategorikan pada kriteria persentase “Baik”, hasil dari Kepuasan Mahasiswa dalam karegori “Baik”. Hasil koefisien determinasi, yaitu terdapat pengaruh komunikasi interpersonal dan kualitas layanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa. Berdasarkan nilai korelasi pengaruh komunikasi interpersonal dan kualitas layanan akdemik terhadap kepuasan mahasiswa dalam kategori kuat. Kesimpulan bahwa layan akademik yang efektif dapat mengubah perilaku mahasiswa. Kata-kata kunci : Komunikasi interpersonal; kualitas layanan; kepuasan mahasiswa; interaksi.Referensi
Daftar Pustaka
Ali Mulyawan & Rinawat. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Serta Implikasinya Pada Loyalitas Mahasiswa (Studi Pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Di Kota Bandung). Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 10(2), 119–131.
Andatan, C. (2022). Peran Komunikasi Interpersonal Terhadap Sesama Pengunjung Teakung ( Teashop ) Dalam Hubungan Pertemanan Berdasarkan Teori Pertukaran Sosial.
Arbianto. (2017). Metode Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatid Dan Kualitatif. Simbiosa Rekatama Media.
Chasanah, N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Fakulty Image,Da Biaya Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dimoderasi Oleh Good University Governance (Gug) (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negri Semarang Angkatan 2015.
Handayani, M., & Pandanwangi, D. E. (2021). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi, 1(1), 9–15.
Harmuliani, N. (2022). Kontribusi Persepsi Mahasiswa Tentang Kualitas Layanan Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Stit Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara. Urnal Malay: Manajemen Pendidikan Islam & Budaya, 2(2775– 2372).
Prahesti, R. T., Ruliana, P., & Subarsa, K. Y. (2021). Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Citra Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1), 234–244.
Https://Jayapanguspress.Penerbit.Org/Index.Php/Ganaya/Article/View/1261
Putri, N. T., Satria, B., Amrina, E., & Alfadhlani, A. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dengan Moderasi Budaya Organisasi Dan Reputasi.
Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 10(2), 121–130.
Https://Doi.Org/10.26593/Jrsi.V10i2.4200.121-130
Rahareng, V. J., & Relawan, I. N. (2017). The Influence Of The Academic Service Quality Toward Student Satisfaction (Studies In Students Of Business Administration Program, Faculty Of Communication And Business, Telkom University). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 5(1), 46–55.
Rakhmat. (2019). Psikologi Komunikasi. Pt Remaja Rosdakarya.
Sadewa, P. (2020). Pengaruh Layanan Akademik Dan Lingkungan Kampus Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi S1 Akuntansi Universitas Pamulang. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat 2020 (Senantias 2020), 1(1), 1131–1140.
Septiani, Y., Aribbe, E., & Diansyah, R. (2020). Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurrab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode
Sevqual (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru). Jurnal Teknologi
Dan Open Source, 3(1), 131–143. Https://Doi.Org/10.36378/Jtos.V3i1.560
Shabri, I., & Yanti, R. (2020). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik
Prodi Sastra Inggris Universitas Dharma Andalas Padang. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 2(1), 51–56. Https://Doi.Org/10.47233/Jteksis.V2i1.88
Tinggogoy, D. C., & Meti, Y. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Akademik Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa.
Waluyo, L. S., & Revianti, I. (2019). Pertukaran Sosial Dalam Online Dating (Studi Pada
Pengguna Aplikasi Tinder Di Indonesia). Informatik: Jurnal Ilmu Komputer, 15(1), 21. Https://Doi.Org/10.52958/Iftk.V15i1.1122