FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA EKSPEDISI

Wati Susilawati, Fitrin Rawati Suganda

Abstrak


Abstrak

Berkembangnya e-commerce saat ini, termasuk transaksi jual beli yang melibatkan perusahaan ekspedisi, maka penjual dan pembeli harus pandai dalam memilih jasa ekspedisi yang tepat, sehingga proses pengiriman paket bisa efektif dan efisien. Berbagai atribut layanan perusahan jasa ekspedisi yang dapat dipertimbangkan dan mempengaruhi keputusan konsumen dalam menggunakan jasa ekspedisi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor menjadi keputusan konsumen dalam menggunakan jasa ekspedisi. Objek penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan jasa ekspedisi J&T Express di Kabupaten Garut. Metode penelitian menggunakan metode pendekatan kuantitatif, Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis faktor dengan bantuan program SPSS 24. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 3 faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam menggunakan jasa ekspedisi antara lain faktor Delivery Package, faktor Capability Adoption Customer, dan faktor Brand Image.

 

Kata-kata kunci: Analisis faktor; keputusan konsumen; jasa ekspedisi.

 

Abstract

With the development of e-commerce today, including buying and selling transactions involving shipping companies, sellers and buyers must be smart in choosing the right shipping service, so that the package delivery process can be effective and efficient. Various service attributes of shipping companies that can be considered and influence consumer decisions in using expedition services. The purpose of this study was to determine the factors into consumer decisions in using expedition services. The object of this research is consumers who use J&T Express expedition services in Garut Regency. The research method uses a quantitative approach, sampling using accidental sampling with a total sample of 100 respondents. The data analysis technique uses factor analysis with the help of the SPSS 24 program. Based on the results of the study, there are 3 factors that influence consumer decisions in using expedition services, including the Delivery Package factor, the Customer Adoption Capability factor, and the Brand Image factor. Keywords: Factor analysis, consumer decision, expedition service


Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Annisa, Anri.C., & Saputri, Marheni. E (2020). Analisis Kepuasan Konsumen Berdasarkan Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis. eProceedings of Management, 7(1), 1097-1102.

Dara Ajeng Mandira, D.A., Suliyanto., Nawarini, A. (2018). The Influence

Customer Trust, Service Quality, and Perceived Price on Customer

Satisfaction and Customer Loyalty.

Journal of Research in Management, 1(1),16 -21.

Dea, Sonya.C., & Perdhana, Mirwan.S. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Jasa Ekpedisi JNE (Studi pada Konsumen Pengguna Jasa JNE di Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 13(3), 245-258.

Doni, F. R. and Faqih, H. (2017), "Perilaku Penggunaan Media Sosial pada Kalangan Remaja", IJSE-Indonesian Journal on Software Engineering, 3(2), 1-23.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip, & Keller. (2016). Marketing Management, 15th Edition. Person Education: Inc.

Lestari, Astri. D., & Hidayat,Imam (2019).Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Global Jet Express (J&T) Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 8(9), 1-19.

Nur Fitri, A. (2020). Survei: Di Masa Pandemi, 85% Masyarakat Gunakan Jasa Kurir untuk Pengiriman Barang. https://industri.kontan.co.id/news/surv ei-di-masa-pandemi-852-masyarakatgunakan-jasa-kurir-untuk-pengirimanbarang. Diakses 26 April 2021.

Rohman, Saefur & Abdul, Fino.W (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Ketepatan Pengiriman terhadap Kepuasan Pelanggan dalam

Menggunakan Jasa Pengiriman Barang

Ninja Express di Masa Pandemi Covid-

Jurnal Logistik Indonesia, 5(1), 73-

Santoso, S. (2015). Menguasai Statistik Multivariat. Jakarta: PT. Elexmedia Komputindo.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset. Wamuyu, P. K. (2015), ‘The Impact of Information and Communication Technology Adoption and Diffusion on Technology Entrepreneurship in Developing Countries: The Case of Kenya", Information Technology for

Development, doi:

1080/02681102.2014.948372.

Yasa, I. P. (2017). Implementasi Analisis Faktor dalam Menganalisis Kepuasan Nasabah terhadap Kualitas Layanan

(Studi Kasus: Lpd Sidakarya). EJurnal Matematika, 6(2), 152-160.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jk.v7i2.1387

DOI (DOWNLOAD PDF): http://dx.doi.org/10.52434/jk.v7i2.1387.g1025

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




ISSN : 2461-0836 E-ISSN : 2580-538X

DITERBITKAN OLEH: PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI, UNIVERSITAS GARUT

Jln. Raya Samarang No. 52A Hampor- Tarogong Garut,Jawa Barat 44151

085353325544

Email : ilmukomunikasi@uniga.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Komunikasi Universitas Garut : Hasil Pemikiran dan Penelitian Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics

Template:

Download Template Jurnal


Incorporate with:



Recommended Tools:

 


Supported by:

Indexed by:

Copyright © journal.uniga.ac.id 2015