PENGARUH PEMBERIAN LIMBAH SAYUR DALAM RANSUM TERHADAP PERTUMBUHAN ITIK LOKAL (Anas Sp)

Kadri Kabir, Emy Saelan, Syarifuddin Fatmona

Abstrak


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian limbah sayur dalam ransum terhadap pertumbuhan itik lokal (Anas Sp). Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan terdiri dari R0 (ransum komersial 100%), R1 (limbah sayur 10%), R2 (limbah sayur 15%) dan R3 (limbah sayur 20%). Parameter yang diamati yaitu pertanbahan bobot badan, konsumsi ransum, konversi ransum dan bobot karkas. Data dianalisis menggunakan analisis of variance (ANOVA) dan jika terdapat perbedaan antara perlakuan dilakukan dengan uji lanjut BNT. Hasil penelitian pengaruh pemberian limbah sayur dalam ransum menunjukkan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap pertambahan bobot badan, dan konversi ransum, namun pada konsumsi ransum dan bobot karkas tidak terdapat perbedaan yang nyata. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan pemberian limbah sayur dalam ransum itik lokal pada level yang berbeda dari 10%, 15% dan 20% berpengaruh nyata pertambahan bobot badan dan konversi ransum. Pemberian limbah sayur 15% dalam ransum menghasilkan performa yang terbaik.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Campbell, N.A..JB Recee, L.G. Mitchell. 2006. Biologi Jilid 1. Terjemahan. Erlangga Jakarta.

Dewanti, R., M. Irham, dan Sudiyono. 2013. Pengaruh Penggunaan Enceng Gondok (Eichornia crassipes) Terfermentasi dalam Ransum terhadap Persentase Karkas, Non-Karkas, dan Lemak Abdominal Itik Lokal Jantan Umur Delapan Minggu. Buletin Peternakan. 37(1): 19-25, Februari 2013. hlm. 19-25

Fan, H.P., Xie M., Wang, W.W, Hou S.S & Huang, W.2008. Effect of dietary energy on growth performance and carcass quality of white growing pekin ducks from two to six weeks of age. Poult Sci. 86:2441-2449.

Fitria, N. 2011. Pengaruh Penggunaan Ampas Kecap dalam Ransum Sebagai Substitusi Bungkil Kedelei terhadap Konsumsi Pakan, Pertambahan Bobot Badan dan Konversi Pakan Pedaging Grower. Skripsi jurusan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Negeri (UIN). Malang

Gaspersz, V. 1995. Teknis Analisis dalam Penelitian Percobaan Jilid I. Penerbit Tarsito Bandung. Hal. 62-111.

Ketaren, P.P. 2007. Peran Itik sebagai Penghasil Telur dan Daging Nasional. Wartazoa 17: 117 – 127

Muktiani AJ, Achmadi BIM, Tampoebolon, Setyorini R. 2013. Pemberian Silase Limbah Sayuran yang Disuplementasi dengan Mineral dan Alginat Sebagai Pakan Domba. Jurnal Pengembangan Peternakan Tropis. 2:144-150.

Nugraha, D.U., Atmomarsono, dan L.D. Mahfudz. 2012. Pengaruh Pemberian Enceng Gondok (Eichornia crassipes) Fermentasi dalam Ransum terhadap Ptoduksi Telur Itil Tegal. Animal Agric J. 1(1): 75-85.

Purba, M., dan P. P. Ketaren. 2011. Konsumsi dan Konversi Pakan Itik Lokal Jantan Umur Delapan Minggu dengan Penambahan Santoquin dan Vitamin E dalam Pakan. JITV 16 (4): 280-287.

Randa S. Y. 2007. Bau daging dan performa itik akibat pengaruh perbedaan galur dan jenis lemak serta kombinasi komposisi antioksidan (Vitamin A, C dan E) dalam pakan. Disertasi. Institut Pertanian Bogor.

Rasyaf M, 1995. Beternak Ayam Petelur. Jakarta. Penebar Swadaya

Rasyaf M, 2002. Beternak Itik. Edisi ke 16 Yogyakarta. Kanisius.

Rasyaf, M. 2004. Makanan Ayam Broiler. Jakarta: Penebar Swadaya

Saelan E.dan Nurdin A 2018, Pengaruh Penggunaan Limbah Sayur dalam Ransum terhadap Performa Itik Petelur. JIT Vol 18, No 2 Hal 1-8.

Soeparno.2010 Ilmu dan Teknologi Daging. Edisi ke 4 Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Supriyadi 2009 Panduan Lengkap Itik Penebar Swadaya Jakarta.Susetyo, B. 2019. Statistika untuk Analisis Data Penelitian. Cetakan Kelima. PT Refika Aditama, Bandung.

Sutama, I, K. 1992. Reproductive development and performance of small ruminant in Indonesia. In : P. Ludgate S Scholz (Ed), Indonesia.

Syuhada, I., D. Heriyadi, A. Sarwestri, 2014. Identifikasi Bobot Badan Dan Ukuran-Ukuran Tubuh Domba Wonosobo Betina Pada Kelompok Peternak Di Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo. Jurnal Penelitian Ilmiah. 2(1)1-13.

Tama.A.W, Nasich.M, Wahyuningsih.S. 2016. Hubungan antara lingkar dada, panjang dan tinggi badan dengan bobot badan kambing Senduro jantan di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Jurnal Ilmu-ilmu Peternakan . 26 (1): 37 – 42.

Wahyu, J. 2004. Ilmu Nutrisi Unggas. Gajah Mada University Press.Yogyakarta

Wulandari, W. A., Hardiosworo, P. S., Gunawan.2005. Kajian Karateristik Biologis Itik Cihateup dari Kabupaten Tasikmalaya dan Garut. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor, Bogor. Ramdani, D., D. C. Budinuryanto,. and N. Mayasari. 2020. The Effect of Paddy Straw and Concentrate Containing Green Tea Dust on Performance and Nutrient Digestibility in Feedlot Lambs. Turk. J. Vet. Anim. Sci. 44: 668- 674.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/janhus.v6i2.1899

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel Lebih banyak<<<

SUB MENU

 

...................................................................................................................................................................................................................................

Fakultas Pertanian, Universitas Garut.

Jalan Raya Samarang No 52 A Tarogong Kaler Kabupaten Garut.

Email : janhusscience@gmail.com



PISSN/EISSN :                                                UNDUH TEMPLATE

                  

Pengunjung :

View My Satus

Terindex Oleh :

                               

Didukung Oleh :

Tools yang disarankan :

     

Copyright © journal.uniga.ac.id 2018  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.