Identifikasi Sifat-Sifat Kualitatif Dan Kuantitatif Ayam Pelung Jantan Pada Kontes Ayam Pelung Piala Rektor Universitas Garut

Wahyu Ilahi, Tati Rohayati, Ervi Herawati

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi melalui identifikasi sifat-sifat kualitatif dan kuantitatif ayam pelung jantan pada kontes ayam pelung di Universitas Garut. Metode yang digunakan adalah metode survei (pengamatan langsung dilapangan) dengan cara pengambilan sampel secara acak yaitu 30% atau sebanyak 61 ekor sampel yang diamati dari 204 jumlah total peserta yang mengikuti kontes ayam pelung di Universitas Garut. Peubah yang diamati adalah sifat kualitatif : warna bulu dan warna shank, sifat kuantitatif : bobot badan dan panjang shank. Analisis yang digunakan yaitu menggunakan analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan sifat kualitatif ayam pelung jantan pada kontes ayam pelung Piala Rektor Universitas Garut warna bulu dominan adalah merah-hitam sebanyak 42,62% dan warna shank dominan adalah warna abu-abu sebanyak 32,79%, sedangkan berdasarkan sifat kuantitatif menunjukkan rata-rata bobot badan ayam pelung jantan sebesar 4,18±0,37 kg dengan koefisien variasi 8,85% dan rata-rata panjang shank sebesar 11,16±0,72 cm dengan koefisien variasi sebesar 6,45%. Hal ini bermakna bahwa telah terjadi proses seleksi pada ayam pelung yang cukup baik.

Kata Kunci : Ayam Pelung Jantan, Kualitatif, Kuantitatif.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amlia, M. Amrullah., P.R. Aka. 2016. Studi Karakteristik Sifat Kualitatif dan Kuantitatif Ayam Kampung di Kecamatan Lasalimu Kabupaten Buton. Jitro. Vol 3. No.1 : 31-39.

Arikunto, S. 2010. Proseur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta, Jakarta.

Heryanto. 2001.Studi Keragaman Fenotipik Ayam Pelung di Kabupaten Cianjur dan Sukabumi. Skripsi. Teknologi Produksi Ternak. Institut Pertanian Bogor.

Iskandar S. 2004. Respon pertumbuhan dan perkembangan alat pencernaan ayam anak silangan Pelung x kampung terhadap kandungan protein ransum. Jurnal Ilmu Ternak dan Veteriner 9(4): 217-225.

Jatmiko. 2001. Studi Fenotip Ayam Pelung untuk Seleksi Tipe Ayam Penyanyi. Tesis. Fakultas Pascasarjana. Institut Pertanian Bogor.

Nataamijaya, AG. 2005. Karakeristik Penampilan Pola Warna, Bulu, Kulit, Sisik Kaki dan Paruh Ayam Pelung di Garut dan Ayam Sentul di Ciamis. Buletin Plasma Nufah. 11 (1): 1

Noor, R.R. 2008. Genetika Ternak. Bogor (ID): Penebar Swara. Jakata

Steel, R. G. D. & J. H. Torrie. 1995. Prinsip dan Prosedur Statistik: Suatu Pendekatan Biometrik. Edisi kedua. Terjemahan B. Sumantri. Gramedia, Jakarta.

Sulandari, S., M. S. A. Zein., S. Paryanti, T. Sartika, M. Astuti, T. Widjastuti, E. Sudjana, S. Darana, I. Setiawan dan D. Garnida. 2007. Sumber daya genetik ayam lokal. Keanekaragaman sumber daya hayati ayam lokal Indonesia: manfaat dan potensi. Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Jakarta.

Suprijatna, E., U. Atmomarsono & R. Kartasudjana. 2005. Ilmu Dasar Ternak Unggas. Penebar Swadaya, Jakarta.

Tarigan, R. Tirama 2013. Karakteristik Sifat Kualitatif dan Kuantitatif Ayam Walik di Sumedang dan Bogor. Skripsi. IPB (Bogor Agricultural University).




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/janhus.v5i1.1119

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


>>>Lihat Artikel Lebih banyak<<<

SUB MENU

 

...................................................................................................................................................................................................................................

Fakultas Pertanian, Universitas Garut.

Jalan Raya Samarang No 52 A Tarogong Kaler Kabupaten Garut.

Email : janhusscience@gmail.com



PISSN/EISSN :                                                UNDUH TEMPLATE

                  

Pengunjung :

View My Satus

Terindex Oleh :

                               

Didukung Oleh :

Tools yang disarankan :

     

Copyright © journal.uniga.ac.id 2018  |  Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.