Analisis Sentimen Pengguna Zoom Cloud Meeting Menggunakan Big Data
DOI:
https://doi.org/10.52434/jft.v3i2.2320Keywords:
Sentiment Analysis, Naïve Bayes Classifier, Covid-19, Zoom Cloud Meetings, twitterAbstract
Aplikasi zoom cloud meetings yang mulai booming digunakan sekarang ini karena adanya pandemi covid-19, sehingga membuat semua kegiatan dilakukan secara virtual. Zoom cloud meetings merupakan aplikasi yang memiliki berbagai fitur termasuk video & audio conference. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode Naïve Bayes dalam menganalisa label sentimen positif dan negatif pada para pengguna aplikasi zoom di Twitter. Jumlah dataset setelah prepocessingsebanyak 1.000 data. Data hampir seimbang dengan label sentimen positif berbahasa indonesia sebanyak 583 dan sentimen positif berbahasa inggris sebanyak 194 dan label sentimen negatif berbahasa indonesia sebanyak 134 dan sentimen negatif berbahasa inggris sebanyak 89 data.Evaluasi model menggunakan confusion matrix diperoleh nilai akurasi dan nilai dari algoritma Naïve Bayes menggunakan data latih = 80% dan data uji = 20% menghasilkan nilai akurasi = 70%.Â
Â
Kata kunci: Analisis Sentimen, Naïve Bayes Classifier, Covid-19, Zoom Cloud Meetings, twitter.
Â
References
Ratino, N. Hafidz, S. Anggraeni, and W. Gata, “Sentimen Analisis Informasi Covid-19 menggunakan Support Vector Machine dan Naïve Bayes,” J. JUPITER, vol. 12, no. 2, pp. 1–11, 2020.
M. Rezki, D. N. Kholifah, M. Faisal, P. Priyono, and R. Suryadithia, “Analisis Review Pengguna Google Meet dan Zoom Cloud Meeting Menggunakan Algoritma Naïve Bayes,” J. Infortech, vol. 2, no. 2, pp. 264–270, 2020, doi: 10.31294/infortech.v2i2.9286.
Okto Vierten Masrel, “Bekerja dari Rumah (Work From Home) Dari Sudut Pandang Unit Kepatuhan Internal,” Kanwil DJKN Jawa Barat, 2020. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13014/Bekerja-dari-Rumah-Work-From-Home-Dari-Sudut-Pandang-Unit-Kepatuhan-Internal.html (accessed Feb. 28, 2022).
A. Rohanah, B. A. Dermawan, and ..., “Klasifikasi Ulasan Pengguna Zoom Cloud Meetings Menggunakan Metode Information Gain dan Naïve Bayes Classifier,” J. Inform. …, vol. 6, no. 2, pp. 348–357, 2021, [Online]. Available: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/informatika/article/view/10728
A. Fauzi, A. N. Rais, M. F. Akbar, and W. Gata, “Analisis Sentimen Berinternet Pada Media Sosial AMIK BSI Tegal Dengan Menggunakan Algoritma Naive Bayes,” Semin. Nas. Teknol. Inf. Univ. Ibn Khaldun Bogor, pp. 46–54, 2018.
G. A. Buntoro, “Analisis Sentimen Calon Gubernur DKI Jakarta 2017 Di Twitter,” Integer J., vol. 2, no. 1, pp. 32–41, 2017, [Online]. Available: https://t.co/jrvaMsgBdH
M. W. Pertiwi, “Analisis Sentimen Opini Publik Mengenai Sarana dan Transportasi Mudik Tahun 2019 Pada Twitter Menggunakan Algoritma Naïve Bayes, Neural Network, K-NN dan SVM,” Inti Nusa Mandiri, vol. 14, no. 1, pp. 27–32, 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).