PERSEPSI PELANGGAN APOTEK SAGITA FARMA TERHADAP SUBSTANSI BIOAKTIF KEMARITIMAN BIDANG FARMAKOLOGI

Yuyun Kurniasari, Didik Wahyu Bintoro, Denny Oktavina Radianto

Abstract


Substansi bioaktif merupakan zat ezensial dan non esensial yang terdapat di alam, memiliki pengaruh terhadap kesehatan tubuh manusia dan ikut andil dalam perkembangan teknologi farmakologi bahari. Beberapa penelitian terdahulu menganalisis tentang pengaruh kualitas produk dan layanan terhadap kepuasan pelanggan, namun belum ditemukan informasi rinci terkait persepsi pengunjung apotek, serta bagaimana tubuh mereka menanggapi saat menggunakan obat alami. Dalam penelitian ini berisi identifikasi bagaimana persepsi konsumen terhadap obat alami substansi bioaktif maritim.Pengambilan sampel dalam penelitian adalah random sampling yang merupakan teknik pengambilan sampel secara acak dengan memberi kuesioner, wawancara langsung, serta penunjukan hasil check up bagi konsumen. Dari metode tersebut didapatkan hasil analisis data berupa apa keluhan yang kebanyakan dialami, perubahan yang dialami setelah mengonsumsi obat substansi bioaktif maritim, fase yang diperlukan untuk merasakan manfaat obat, efek samping saat mengonsumsi obat, serta pendapat tentang obat substansi menurut pelanggan. Hasil wawancara menggambarkan respon positif penunjukkan tingkat kepuasan dan partisipasi konsumen yang sudah banyak menunjukkan kemajuan dan perkembangan pemasaran yang dilakukan suatu produsen yang bergerak dibidang obat-obatan tradisional. Meskipun minat pelanggan yang masih kurang, dideteksi terdapat tolak belakang terhadap kecepatan reaksi antara obat alami dengan obat kimia yang signifikan, serta harga yang cukup tinggi dibandingkan obat kimia. Uji kuesioner yang dilakukan mengaplikasikan efisiensi, efektivitas, serta kepuasan kinerja obat alami substansi bioaktif maritim disertakan hasil medical check up pelanggan yang menunjukkan persepsi pelanggan serta bagaimana tanggapan tubuh pengguna obat alami substansi bioaktif maritim telah mampu menunjukkan peran serta kontribusinya menggantikan kerja dan fungsi obat kimia, dengan sifatnya yaitu holistik dan kuratif.


Kata kunci: Bioaktif, Farmakologi, Maritim, Perseps

References


Indijah SW, Fajri P. Farmakologi. In: Supriyadi, editor. FARMAKOLOGI. 1st ed. Jakarta Selatan: PUSDIK SDM KESEHATAN; 2016. p. 329.

Biesalski HK, Dragsted LO, Elmadfa I, Grossklaus R, Müller M, Schrenk D, et al. Bioactive compounds: Definition and assessment of activity. Nutrition. 2009;25(11–12):1202–5.

Pangestuti R, Arifin Z. Medicinal and health benefit effects of functional sea cucumbers. J Tradit Complement Med. 2018;8(3):341–51.

Chandra ST, Bisnis PM, Manajemen PS, Petra UK, Siwalankerto J. Analisa Proses dan Evaluasi Pengembangan Produk Baru (New Product Development) pada UD Raja Maritim. Agora. 2015;3(1).

Munisih S, Soliha E. Prosiding Seminar Nasional & Call for Papers Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Nilai Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Apotek Dela Semarang. Pros Semin Nas Call Pap Fak Ekon dan Bisnis Univ STIKUBANK Semarang. 2015;2(1):1–16.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jfb.v12i1.1035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor :

Web Analytics