Science-gamification: Bentuk gamifikasi dan implementasi dalam pembelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.52434/jkpi.v5i1.42328Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memetakan bentuk-bentuk gamifikasi serta implementasinya dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Kajian ini menggunakan metode scoping review dengan menganalisis sepuluh artikel dari berbagai sumber ilmiah yang relevan. Hasil pemetaan menunjukkan bahwa bentuk gamifikasi dalam pembelajaran IPA dapat diklasifikasikan ke dalam dua kategori utama, yaitu gamifikasi berbasis aplikasi dan gamifikasi berbasis aktivitas mahasiswa. Gamifikasi berbasis aplikasi memanfaatkan teknologi digital seperti aplikasi mobile, web interaktif, dan platform kuis daring untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan belajar siswa. Sementara itu, gamifikasi berbasis aktivitas mahasiswa mengandalkan permainan fisik, simulasi, dan peran aktif siswa dalam kegiatan belajar yang kontekstual dan kolaboratif. Meskipun kedua pendekatan ini menunjukkan dampak positif terhadap keterlibatan dan pemahaman siswa, masing-masing memiliki keunggulan dan tantangan tersendiri dalam penerapannya. Kajian ini memberikan gambaran menyeluruh mengenai tren dan praktik gamifikasi dalam pembelajaran IPA serta membuka peluang untuk penelitian lebih lanjut dan pengembangan strategi pembelajaran inovatif yang berbasis gamifikasi
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mengunggahnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta sitasi yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Efek Akses Terbuka).