Science-gamification: Bentuk gamifikasi dan implementasi dalam pembelajaran IPA

Penulis

  • Hasna Latipah Sakinah Politeknik Piksi Ganesha
  • Aqilatun Ni'mah MAS YSPIS Gandrirojo
  • Imroatus Sulthoniyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Dita Arisona STKIP PGRI Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.52434/jkpi.v5i1.42328

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memetakan bentuk-bentuk gamifikasi serta implementasinya dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Kajian ini menggunakan metode scoping review dengan menganalisis sepuluh artikel dari berbagai sumber ilmiah yang relevan. Hasil pemetaan menunjukkan bahwa bentuk gamifikasi dalam pembelajaran IPA dapat diklasifikasikan ke dalam dua kategori utama, yaitu gamifikasi berbasis aplikasi dan gamifikasi berbasis aktivitas mahasiswa. Gamifikasi berbasis aplikasi memanfaatkan teknologi digital seperti aplikasi mobile, web interaktif, dan platform kuis daring untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan belajar siswa. Sementara itu, gamifikasi berbasis aktivitas mahasiswa mengandalkan permainan fisik, simulasi, dan peran aktif siswa dalam kegiatan belajar yang kontekstual dan kolaboratif. Meskipun kedua pendekatan ini menunjukkan dampak positif terhadap keterlibatan dan pemahaman siswa, masing-masing memiliki keunggulan dan tantangan tersendiri dalam penerapannya. Kajian ini memberikan gambaran menyeluruh mengenai tren dan praktik gamifikasi dalam pembelajaran IPA serta membuka peluang untuk penelitian lebih lanjut dan pengembangan strategi pembelajaran inovatif yang berbasis gamifikasi

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-28