Profil Sikap pada Pembelajaran Fisika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E dengan Pendekatan TBCT

Resti Warliani

Abstrak


Sikap siswa memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan. Ketika siswa memiliki sikap positif dalam mengikuti pelajaran, maka pada umumnya akan berpengaruh positif juga pada kesuksesan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap siswa terhadaap Pembelajaran Fisika dengan menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E dengan pendekatan Technology Based Constructivist Teaching (TBCT). Model pembelajaran ini memadukan pembelajaran konstruktivis dengan teknologi. Teknologi yang digunakan berupa simulasi interaktif dari Phet dan Video dari Physclips pada materi gelombang mekanik. Sampel penelitian sebanyak 34 orang siswa kelas XI MIA di salah satu SMA di Kabupaten Garut. Hasil Penelitian diperoleh bahwa terdapat respon sikap positif selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E dengan pendekatan TBCT yaitu diatas 70% untuk semua aspek.

Teks Lengkap:

Download (PDF)

Referensi


Eisenkraft, A. (2003). Expanding The 5E Model: A Proposed 7E Model Emphasizes “Transfer of Learning†And The Importance Of Eliciting Prior Understanding, The Science Teacher, 70 (6), hlm. 56-59.

Erdemir, N. (2009). Determining Students Attitude towards Physics Through Problem Solving Strategy. Asia Pasific Forum on Science Learning&Teaching, Volume 10, Issue 2, Article 1, p.1.

Guido, R.M.D. (2013). Attitude and Motivation towards Learning Physics. International Journal of Engineering Research&Technology (IJERT). ISSN: 2278-0181.Vol.2, Issue 11.

Maknun,J. (2007). Penerapan Pembelajaran Konstruktivisme untuk meningkatkan pemahaman konsep dasar fisika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Seminar Internasional Pendidikan IPA, UIN Syarif Hidayatullah.

Nimavathi, V& Gnanadevan, R. (2009). Developing study habits throuch multimedia program. Edutracks, 9(3), 34

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran berbasis Komputer. Bandung : Alfabeta

Salta,K.,&Tzougraki,C.(2004). Attitudes towards Chemistry among 11th Grade students in High Schools in Greece.Science Education,88,535-547.

Suhandi, A., et al. 2009. Efektivitas Penggunaan Media Simulasi Virtual Pada Pendekatan Pembelajaran Konseptual Interaktif Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Meminimalkan Miskonsepsi, Jurnal Pengajaran MIPA, Vol. ISSN: 1412-0917 13 No. 1.

TÜYSÜZ, C. (2010). The Effect Of The Virtual Laboratory On Students’ Achievement And Attitude In Chemistry. IOJES. 2010, 2 (1), 37-53.

Ültay, N., Çalık, M. 2011. Distinguishing 5E Model from REACT Strategy: An Example of ‘Acids and Bases’ Topic.Necatibey Faculty of Education Electronic Journal of Science and Mathematics Education, 5(2): 199-220.




DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v13i1.820

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pendidikan UNIGA

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : journal.pendidikan@uniga.ac.id

Download Template :

 

Visitor

View My Stats

Indexed by:

         

Supported by:

  

Tools

   

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016 

|Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.