PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS KARAKTER: KONSEPSI DAN IMPLMENTASINYA

Authors

  • Agus Salim Mansyur

DOI:

https://doi.org/10.52434/jp.v1i1.6

Abstract

Pendidikan karakter yang built in pada matpel dapat dilakukan melalui beberapa cara, yaiu Keteladanan. Masalah Pendidikan karakter adalah masalah moral, kepribadian, dan figuritas. Oleh karenanya keteladanan orang tua dan guru merupakan hal yang paling masuk real dalam implementasinya, dari pada kurikulum ansich. Sehingga pendidikan karakter benar-benar menjadi solusi bagi bangsa ini; Menciptakan lingkungan yang kondusif. Melakukan pendidikan karakter dengan cara menata lingkungan, peraturan, serta konsekuensi di sekolah dan di rumah; Pembelajaran terintegrasi, kognisi-afeksi-spikomotor. Model pembelajaran seperti ini dimaksudkan agar materi dan metode penyampaian pada setiap matpel dapat mengarah pada pembinaan moral dan kepribadiaan; setiap matpel saling melengkapi dan memberikan penekanan pada pembentukan karakter peserta didik.;Pembiasaan aspek kognisi integrative-fungsional; memberikan pengetahuan bagaimana melakukan perilaku yang diharapkan untuk muncul dalam kesehariannya serta diaplikasikan. Untuk Pengkondisian emosinya. Emosi manusia adalah 88% merupakan kendali dalam kehidupan manusia. Jika mampu menyentuh emosinya dan memberikan informasi yang tepat maka informasi tersebut akan menetap dalam hidupnya. Kata kunci : Pendidikan, kurikulum, religius, moral dan karakter.

Published

2017-02-18

How to Cite

Mansyur, A. S. (2017). PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS KARAKTER: KONSEPSI DAN IMPLMENTASINYA. Jurnal Pendidikan UNIGA, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.52434/jp.v1i1.6

Issue

Section

Jurnal Pendidikan UNIGA