PENGARUH AKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA (Penelitian di SMP Negeri 3 Karangpawitan Garut)

Sri Sapitri Aryanti

Abstrak


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa secara teoritis aktivitas
pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu faktor yang
mempengaruhi akhlak siswa di sekolah, karena Pendidikan Agama Islam
merupakan suatu yang paling ampuh mengarahkan dan membimbing manusia ke jalan yang lurus sesuai dengan ridho Allah SWT., serta dapat mengatasi dan mengobati berbagai degradasi moral generasimuda muslim. Atas dasar pemikiran tersebut penulis mengajukan hipotesis bahwa apabila aktivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan sebaik mungkin maka pengaruh yang diperoleh terhadap akhlak siswa akan semakin baik. Berdasarkan hal tersebut dapat dirumuskan permasalahan penelitian: bagaimana aktivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Karangpawitan Garut?, bagaimana realitas akhlak siswa di SMP Negeri 3 Karangpawitan Garut?, bagaimana pengaruh aktivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa di SMP Negeri 3 Karangpawitan Garut?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa di SMP Negeri 3 Karangpawitan Garut.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan angket. Subjek penelitian 74 orang siswa yang di pilih dengan sampel acak. Teknik penelitian yang dipakai dalam mengolah dan menganalisis data dengan menggunakan perhitungan statistik. Hasil penelitian diperoleh bahwa aktivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan nilai 299,4375 berada di rentang skor 251,6-310,7 termasuk dalam kategori baik. Dan realitas akhlak siswa dengan nilai 295,875 berada di rentang skor 251,6-
310,7 termasuk juga dalam kategori baik. Korelasi antara variabel X dan variabel Y dari nilai koefisien/korelasi yang di dapat sebesar 0,516 dan t hitung dengan nilai 5,111 t tabel nya yaitu 1,993. Karena t hitung > t tabel maka kaidah keputusannya yaitu tolak H0 dan terima H1 artinya adanya pengaruh aktivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa di SMP Negeri 3 Karangpawitan Garut. Hal ini menunjukan hubungan dengan kategori sedang dan derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 26,6%. Artinya masih ada 73,4% lagi yang merupakan pengaruh dari faktor-faktor lain di luar aktivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam diantaranya faktor lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat.

Kata kunci: Aktivitas, Pembelajaran, Akhlak, Lingkungan

Teks Lengkap:

Download (PDF)


DOI: http://dx.doi.org/10.52434/jp.v5i1.41

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pendidikan UNIGA

Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut

Jalan Samarang. Nomor: 52.A Tarogong kaler - Garut 44151

Email : journal.pendidikan@uniga.ac.id

Download Template :

 

Visitor

View My Stats

Indexed by:

         

Supported by:

  

Tools

   

Copyright © journal.uniga.ac.id 2016 

|Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.